Mataram berangkatkan 450 calon haji kloter tiga

id haji,matarm,berangkat

Proses pelepasan 450 calon haji musim haji 2019/1440 Hijriah bersama lima orang petugas yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) tiga Embarkasi Lombok di halaman kantor Wali Kota Mataram. (Foto: ANTARA News/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh melepas sebanyak 450 calon haji musim haji 2019/1440 Hijriah bersama lima orang petugas yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) tiga Embarkasi Lombok di halaman kantor Wali Kota Mataram.

Kegiatan pelepasan jamaah calon haji yang juga merupakan kloter utuh Kota Mataram itu dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram H Burhanul Islam, Ketua DPRD Kota Mataram, serta jajaran pimpinan organisasi perangkat daerah Kota Mataram di Mataram, Senin (8/7).

Wali kota dalam kesempatan itu mengatakan, proses pelepasan calon haji ini merupakan hari istimewa dimana para tamu Allah yang sudah dipersiapkan dari jauh sebelumnya, baik persiapan manasik hajinya maupun mental.

"Untuk melakukan persiapan, Pemerintah Kota Mataram bekerja sama dengan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), Kemenag serta pemerintah provinsi NTB memberikan pembekalan-pembekalan baik manasiknya maupun persiapan-persiapan mental jamaah," katanya.

Ahyar menjelaskan bahwa sudah menjadi komitmen dan tekad Pemerintah Kota Mataram untuk mempersiapkan sebaik-baiknya para tamu Allah yang berasal dari Kota Mataram, agar para calon haji itu benar-benar dalam memenuhi panggilan Allah dan kembali membawa haji yang mabrur.

Di sisi lain, wali kota mengingatkan kepada semua jamaah agar selama di Tanah Suci dapat saling membantu jangan hanya mengharapkan petugas dan juga harus tetap kompak agar menjadi contoh bagi jamaah yang lain.

Jamaah juga harus membulatkan niat dan tekad berangkat ke Tanah Suci semata-mata untuk memenuhi panggilan Allah, dan selalu menjaga kesehatan sebaik-baiknya.

"Semoga mendapatkan haji yang mabrur, dan kita titip doa untuk Kota Mataram agar Mataram menjadi kota yang aman dijauhkan dari segala musibah dan selalu mendapatkan perlindungan Allah," katanya.

Sementara Kepala Kemenag Kota Mataram H Burhanul Islam mengatakan, jumlah calon haji yang diberangkatkan pada kloter utuh jumlah 450 orang ditambah 5 orang petugas akan diberangkatkan ke Madinah pada Selasa (9/7) pukul 07.35 WITA dengan penerbangan nomor GA 5102.

"Dengan telah dilepasnya pemberangkatan calon haji kloter tiga ini, maka sisa calon haji Kota Mataram sebanyak 307, yang merupakan 140 calon haji pada kloter 7 dan 167 orang masuk kloter 9," katanya.

Berdasarkan pemeriksaan terakhir, kondisi semua jamaah Alhamdulillah semua dalam kondisi yang sehat meskipun ada dua orang yang memakai kursi roda namun diyakini setelah berada di Tanah Suci akan sehat dan petugas akan tetap memberikan pendampingan.

"Semoga seluruh jamaah calon haji kita ini selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT, dan diberikan kelancaran dalam ibadah hajinya dan Insya Allah nanti kembali ke Tanah Air membawa predikat haji mabrur," katanya.

Kegiatan pelepasan jamaah calon haji diakhiri dengan salam-salaman kepada semua jamaah dan langsung menuju bus masing-masing sesuai dengan rombongan yakni sebanyak 10 rombongan menuju Asrama Embarkasi Antara. 


 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar