Pemkab Lombok Utara bantu 200 orang penyandang disabilitas

id Lombok Utara,Penyandang Disabilitas,Kebutuhan Dasar

Pemkab Lombok Utara bantu 200 orang penyandang disabilitas

Bupati Lombok Utara H Najmul Akhyar (kanan), bersama Wakil Bupati Lombok Utara H Sarifudin (kanan dua), menyerahkan bantuan kebutuhan pokok kepada warga penyandang disabilitas. ANTARA/Awaludin

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Utara mengalokasikan bantuan kebutuhan dasar untuk 200 orang penyandang disabilitas (keterbatasan diri) yang tersebar di lima kecamatan.

Bupati Lombok Utara H Najmul Akhyar, di Lombok Utara, Rabu mengatakan, pemberian bantuan kebutuhan dasar untuk warga penyandang disabilitas sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada warga yang memiliki keterbatasan fisik.

"Alhamdulillah pemerintah daerah menyediakan sedikit bantuan untuk saudara-saudara kita yang butuh perhatian. Mudah-mudahan walaupun tidak banyak tapi bermanfaat," katanya.

Pemberian bantuan kebutuhan dasar tersebut sudah diawali di Kecamatan Pemenang, dan Kecamatan Kayangan. Jumlah penerima sebanyak 40 orang di masing-masing kecamatan. Untuk Kecamatan Tanjung, Gangga, dan Bayan, akan diberikan pada tahap berikutnya dengan jumlah penerima sebanyak 40 orang per kecamatan.

Najmul mengatakan momen pemberian bantuan tersebut juga dijadikan sebagai ajang silaturahmi bupati dan wakil bupati dengan warga penyandang disabilitas di seluruh kecamatan.

Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, kata dia, berjanji akan memberikan bantuan uang tunai kepada warga penyandang disabilitas pada 2020.

"Saya dan bapak wakil bupati menginginkan anggaran bantuan kebutuhan dasar untuk penyandang disabilitas sampai akhir tahun. Dan insya Allah pada tahun berikutnya kami akan berikan dalam bentuk uang sehingga bisa dibelanjakan sesuai kebutuhan mereka," katanya.

Kepala Dinas Sosial PPA Kabupaten Lombok Utara, M Faisol mengatakan, program pemberian bantuan kepada penyandang disabilitas sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu.

Khusus pada 2019, bantuan diberikan kepada 200 orang yang tersebar di lima kecamatan dengan mekanisme penyalurannya direncanakan setiap satu bulan sekali.

"Untuk tahun ini yang kita berikan berupa kebutuhan pokok. Tahun depan insya Allah dalam bentuk uang tunai," ujarnya.

Faisol mengharapkan dengan adanya bantuan tersebut para penyandang disabilitas nantinya bisa mandiri.

Selain itu, Dinas Sosial PPA Kabupaten Lombok Utara bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi NTB akan memberikan pelatihan pengembangan diri kepada kaum difabel di Kabupaten Lombok Utara.
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar