SHAKHTAR TERSINGKIR, LIVERPOOL DAN JUVE MELAJU

id

     Berne (ANTARA) - Pemegang gelar Piala UEFA Shakhtar Donetsk tersingkir dari Liga Eropa setelah ditahan imbang 1-1 oleh tim tamu Fulham dalam pertandingan 32 besar, Kamis waktu setempat.

    Sedangkan mantan juara Eropa Liverpool dan Juventus melaju ke babak 16 besar dan striker Werder Bremen Claudio Pizarro mencetak hattrik ketika timnya melibas Twente Enschede 4-1.

    Pemain berusia 16 tahun Romelu Lukaku menyumbang kesuksesan kemenangan besar 4-0 Anderlecht atas Atheltic Bilbao, satu dari dua tim Spanyol yang mengalami kekalahan besar ketika sebelumnya Villarreal kalah 1-4 di Vfl Wolfsburg.

    Sementara itu, gol menit ke-90 dari Diego Forlan memberi Atletico Madrid kemenangan 2-1 atas Galatasaray, dan sekaligus membuat timnya melaju setelah menang agregat 3-2, sedangkan Valencia mengalahkan Club Bruges 3-0 setelah tambahan waktu dan juga menang agregat 3-1.

    Delapan tim tersingkir dari kompetisi pada babak ini setelah gagal lolos kualifikasi Liga Champion dan tujuh lainnya melaju seperti Liverpool, Atletico Madrid, Juventus, Rubin Kazan, Vfl Wolsburg, Standard Liege dan Olympique Marseille.

    Tim Rumania Unirea Urziceni juga tersingkir setelah tim itu kalah 1-3 di kandang melawan juara Eropa lima kali Liverpool.

    Pelatih Shakhtar Mircea Lucescu yang timnya kalah 1-2 pada leg pertama, menggambarkan bahwa pertandingan timnya melawan Fulham seperti sebuah duel antara tim "spektakuler melawan keterampilan penuh", dan mengatakan tim Inggris menggunakan pendekatan kekuatan fisik.

    Tim asal Ukraina yang musim lalu menang di final Piala UEFA sebelum event ini berubah nama menjadi Liga Eropa, melancarkan 14 tembakan ke Fulham, namun justru tim tamu yang unggul lebih dulu melalui sundulan Brede Hangeland.

    Jadson, satu dari lima pemain asal Brazil yang memperkuat Shakhtar, menyamakan kedudukan pada menit ke-69, namun Fulham menang agregat 3-2 untuk memastikan melaju ke babak 16 besar bersama Juventus.

    Pemenang tiga kali Piala UEFA Liverpool menang di Unirea, kendati sempat kecolongan lebih dulu melalui sundulan Bruno Fernandes.

    Namun pemain tengah asal Argentina Javier Mascherano menyamakan kedudukan dari tembakan jarak 25 yard sebelum pemain sayap asal Belanda Ryan Babel membawa keunggulan tim tamu empat menit sebelum istirahat babak pertama.

    Kapten Steven Gerrard melengkapi kemenangan agregat 4-1 bagi Liverpool, satu jam menjelang bubaran pertandingan.(*)

Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar