WAPRES : PARPOL JANGAN TERDORONG NAFSU SESAAT

id

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Boediono mengingatkan, partai-partai politik agar tidak terdorong nafsu sesaat atau jangka pendek terhadap kekuasaan.

Dalam pernyataan resminya di Istana Wapres di Jakarta, Jumat, Boediono mengatakan, DPR dan partai politik adalah pilar penting demokrasi, disamping kebebasan pers dan masyarakat madani.

"Kiprah masing-masing pilar demokrasi ini perlu dipelihara dengan ketekunan dan kesabaran dengan menghindarkan diri dari desakan nafsu jangka pendek terhadap kekuasaan. Kita membangun demokrasi bukan untuk menghabisi pesaing atau lawan, tetapi untuk berlomba-lomba menciptakan kemakmuran yang berkeadilan" kata Boediono.

Belajar dari pengalaman Indonesia di masa lalu dan negara lain, kata Wapres, maka nafsu berpolitik sempit yang berlebihan bisa menghancurkan cita-cita dan sistem demokrasi itu sendiri.

"Kita tidak ingin mengulangi kesalahan di masa lalu itu," demikian Wapres Boediono.

Dalam jumpa wartawan itu Wapres didampingi Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Radjasa, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

(*)