Trump setujui aturan mendukung pemrotes Hong Kong

id UU Amerika,Dukung pemrotes Hong Kong,perdagangan China - Amerika

Trump setujui aturan mendukung pemrotes Hong Kong

Demonstran anti pemerintah berjalan bersama membawa bendera Amerika serikat dalam aksi protes menentang permohonan uu darurat di Hong Kong, China, Senin (14/10/2019). ANTARA/REUTERS/Umit Bektas/aa.

Washington (ANTARA) - Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Rabu menandatangani undang-undang kongres yang mendukung para pemrotes di Hong Kong meskipun ada keberatan dari Beijing, dengan mana ia sedang mengupayakan kesepakatan untuk mengakhiri perang dagang yang merusak.

Undang-undang itu, yang disetujui dengan suara bulat oleh Senat AS dan oleh semua kecuali satu anggota parlemen di DPR pekan lalu, mengharuskan Departemen Luar Negeri untuk menyatakan, setidaknya setiap tahun, bahwa Hong Kong mempertahankan otonomi yang cukup untuk membenarkan persyaratan perdagangan AS yang menguntungkan yang telah membantunya mempertahankan posisinya sebagai pusat keuangan dunia. Undang-undang juga mengancam pemberian sanksi untuk pelanggaran hak asasi manusia.

Kongres meloloskan RUU kedua, yang juga ditandatangani oleh Trump, yang melarang ekspor amunisi pengendalian massa, seperti gas air mata, semprotan merica, peluru karet, dan pistol setrum untuk kepolisian Hong Kong.

"Saya menandatangani Undang undang ini untuk menghormati Presiden Xi, China, dan orang-orang Hong Kong. Ini diberlakukan dengan harapan bahwa Pemimpin dan Perwakilan China dan Hong Kong akan dapat menyelesaikan perbedaan mereka secara damai untuk perdamaian jangka panjang. dan kemakmuran untuk semua, " kata Trump dalam sebuah pernyataan.

Inti permasalahannya adalah janji Beijing untuk memberi Hong Kong "otonomi tingkat tinggi" selama 50 tahun ketika negara itu memperoleh kembali kedaulatan atas kota itu pada tahun 1997, sebuah janji yang telah membentuk dasar status khusus wilayah tersebut berdasarkan undang-undang A.S. Para pengunjuk rasa mengatakan kebebasan terus terkikis.

Trump sebelumnya bersikap tidak jelas tentang apakah ia akan menandatangani atau memveto undang-undang itu, sementara mencoba untuk mencapai kesepakatan dengan China terkait perdagangan, yang menjadi prioritas utamanya menjelang upaya pemilihan tahun 2020.

Setelah Kongres meloloskan RUU tersebut, para pembantu Trump memperdebatkan apakah dukungan presiden dapat mencederai upaya untuk mencapai kesepakatan perdagangan sementara dengan China, dan sebagian besar dari mereka akhirnya merekomendasikan penandatanganan untuk menunjukkan dukungan kepada para pengunjuk rasa, menurut seorang yang mengetahui  masalah tersebut.

Keputusan itu juga dipengaruhi oleh mayoritas besar di Senat dan DPR yang mendukung undang-undang tersebut, yang secara luas dilihat membuat RUU itu menjadi tidak dapat diveto, serta kemenangan para kritikus China dalam pilkada di Hong Kong awal minggu, kata orang itu yang berbicara dengan syarat tidak disebutkan namanya.

Jika Trump memilih untuk menggunakan veto-nya, keputusan itu bisa dibatalkan dengan dua pertiga suara di Senat dan DPR. Undang-undang akan secara otomatis menjadi undang-undang pada 3 Desember jika Trump memilih untuk tidak melakukan apa pun.

China telah mengecam undang-undang itu sebagai campur tangan kotor dalam urusannya dan merupakan pelanggaran hukum internasional.

Setelah Senat mengesahkan undang-undang tersebut, Beijing bersumpah akan melakukan tindakan balasan untuk menjaga kedaulatan dan keamanannya.

Senator Republik Marco Rubio memuji keputusan Trump.

"AS sekarang memiliki alat baru dan bermakna untuk mencegah pengaruh dan gangguan lebih lanjut dari Beijing atas urusan internal Hong Kong, Rubio menyatakan dalam pernyataan.

PERUNDINGAN PERDAGANGAN

Pekan lalu, Trump menyombongkan diri bahwa dia sendiri telah mencegah Beijing menghancurkan demonstrasi dengan sejuta tentara, sambil menambahkan bahwa dia telah mengatakan kepada Presiden China Xi Jinping bahwa hal itu akan memiliki "dampak negatif yang luar biasa" pada pembicaraan perdagangan.

Trump memicu pertanyaan tentang komitmennya untuk melindungi kebebasan Hong Kong ketika dia menyebut protes massa jalanan Agustus sebagai "kerusuhan" yang menjadi masalah yang harus dihadapi China.

Trump lagi merujuk pada "kerusuhan" pekan lalu, tetapi juga meminta China untuk menangani masalah ini secara manusiawi.

Banyak yang melihat undang-undang AS sebagai simbolis, tetapi ketentuan UU memiliki potensi, jika diterapkan, untuk menjungkirbalikkan hubungan antara Amerika Serikat dan Hong Kong dan mengubah status wilayah tersebut menjadi seperti kota China lainnya.

Para analis mengatakan setiap langkah untuk mengakhiri perlakuan khusus Hong Kong dapat membuktikan kekalahan bagi Amerika Serikat, yang telah diuntungkan dari kondisi ramah bisnis di wilayah tersebut. Jika Hong Kong hanya seperti pelabuhan China lainnya, perusahaan yang mengandalkan peran wilayah itu sebagai perantara atau untuk pengiriman barang kemungkinan akan membawa bisnis mereka ke tempat lain.

Dikatakan, UU itu berisi keringanan kuat yang akan memungkinkan presiden untuk memblokir ketentuan mereka dengan alasan keamanan nasional dan kepentingan nasional.

Menurut Departemen Luar Negeri, 85.000 warga AS tinggal di Hong Kong pada 2018 dan lebih dari 1.300 perusahaan AS beroperasi di sana, termasuk hampir setiap perusahaan keuangan utama AS.

Wilayah ini adalah tujuan utama layanan hukum dan akuntansi A.S. Pada tahun 2018, surplus perdagangan barang-barang terbesar AS adalah dengan Hong Kong sebesar 31,1 miliar dolar.

Perdagangan antara Hong Kong dan Amerika Serikat diperkirakan bernilai 67,3 miliar dolar pada tahun 2018, dengan Amerika Serikat mengantongi surplus 33,8 miliar dolar - terbesar dengan negara atau wilayah mana pun, menurut Kantor Perwakilan Perdagangan AS. 

Sumber: Reuters