DPRD NTB mendorong pembangunan jalan lingkar bebas hambatan Lombok

id DPRD NTB,Pembangun Jalan Lingkar Lombok,Jalan Ring Road,Lombok,NTB

DPRD NTB mendorong pembangunan jalan lingkar bebas hambatan Lombok

Anggota Komisi IV Bidang Infrastruktur dan Pembangunan sekaligus Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Nusa Tenggara Barat (NTB), Nauvar Furqoni Farinduan. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Anggota Komisi IV Bidang Infrastruktur dan Pembangunan DPRD Nusa Tenggara Barat, Nauvar Furqoni Farinduan, mendorong pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk membangun jalan lingkar bebas hambatan Pulau Lombok untuk menunjang sektor jasa dan pariwisata di provinsi itu.

"Pembangunan jalan lingkar bebas hambatan Lombok ini otomatis akan meningkatkan perekonomian dan pariwisata di NTB ke depan," ujarnya di Mataram, Rabu.

Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD NTB ini, menjelaskan pembangunan jalan lingkar bebas hambatan Lombok tersebut sangat memungkinkan untuk dilakukan.

Mengingat, pertumbuhan kendaraan yang melintasi Pulau Lombok dari tahun ke tahun terus bertambah. Sementara, infrastruktur jalan hanya itu-itu saja. Tidak sebanding dengan pertumbuhan kendaraan.

Tak hanya soal bertambahnya kendaraan, ke depan NTB akan menjadi tuan rumah MotoGP 2021 di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah.

"Lombok ini punya banyak destinasi wisata. Tapi tidak semuanya berkembang, hanya beberapa saja karena masih kurangnya akses infrastruktur menuju ke destinasi  itu," kata Farin sapaan akrabnya.

Menurut Farin, rencana pembangunan jalan bebas hambatan yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok (BIL) menuju Mandalika saja belum cukup dalam usaha mendorong peningkatan pariwisata di NTB. Karena itu, untuk dapat mendorong laju pariwisata lainnya dapat tumbuh diperlukan pembangunan jalan bebas lingkar hambatan Lombok.

"Dulu kita mendengar Presiden akan membangun jalan bebas hambatan yang menghubungkan Lembar-Kayangan. Namun sampai sekarang belum bisa terlaksana karena terkendala kurangnya anggaran. Tapi kalau jalan bebas hambatan ini dibangun pemerintah bisa menggandeng swasta," ucap anggota DPRD NTB dari Daerah Pemilihan (Dapil) Lombok Barat dan Lombok Utara tersebut

Farin mencontohkan Bali tetangga terdekat yang saat ini sudah miliki jalan bebas hambatan sangat merasakan dampak dari keberadaan infrastruktur tersebut. Sedangkan, Lombok yang belum memiliki jalan bebas hambatan tidak bisa berbuat banyak seperti apa yang dirasakan Bali.

"Inilah, mengapa kami perlu mendorong pemerintah pusat untuk membangun jalan lingkar bebas hambatan Lombok, supaya ke depan ekonomi dan pariwisata NTB bisa meningkat, sehingga berimplikasi pada kesejahteraan masyarakat," katanya.*
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar