Benfica kunci tiket Liga Europa taklukkan Zenit

id benfica,zenit,liga champions,liga europa

Benfica kunci tiket Liga Europa taklukkan Zenit

Dua gelandang Benfica Pizzi Fernandes (kiri) dan Andreas Samaris (kanan) merayakan keberhasilannya timnya mengalahkan Zenit St Petersburg dalam pertandingan Grup G Liga Champions yang dimainkan di Estadio da Luz, Lisbon, Selasa (10/12/2019).(ANTARA/AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA)

Jakarta (ANTARA) - Benfica mengunci tiket Liga Europa dengan keberhasilannya menang 3-0 atas Zenit St Petersburg, dalam pertandingan terakhir Grup G Liga Champions yang dimainkan di Estadio da Luz, Lisbon, Rabu dini hari WIB.

Tambahan tiga poin dari laga itu membuat Benfica memiliki total koleksi tujuh poin, jumlah itu sama dengan raihan nilai Zenit. Tetapi klub Portugal tersebut berhak menduduki peringkat ketiga karena memiliki catatan head to head yang lebih baik dari Zenit.

Zenit lebih dominan menguasai bola pada awal permainan, tetapi perlahan-lahan Benfica pun menemukan irama permainan mereka.

Benfica memiliki dua peluang bagus pada pertengahan babak pertama. Sepakan melengkung Pizzi dari jarak jauh masih melebar, sedangkan tembakan Chiquinho dari dalam kotak penalti melambung di atas mistar gawang.

Menjelang turun minum, belum ada peluang matang yang diciptakan kedua kubu. Zenit sempat mengancam melalui pergerakan Artem Dzyuba, namun Ruben Dias berada pada posisi yang tepat untuk mematikan langkah sang penyerang lawan.

Saat babak kedua bergulir dua menit. Benfica memecah kebuntuan melalui gol Franco Cervi, yang tidak terkawal untuk meneruskan umpan Pizzi.

Memasuki menit ke-56, Zenit mendapatkan dua pukulan karena kartu merah yang didapat Douglas Santos serta hukuman penalti yang didapat mereka. Penalti diberikan wasit kepada Benfica karena tangan Santos mengenai bola di kotak terlarang.

Pizzi yang menjadi eksekutor tidak membuang peluang. Sepakannya memaksa kiper Mikhail Kerzhakov harus memungut bola dari dalam gawang untuk kedua kalinya.

Malapetaka bagi Zenit belum selesai. Saat laga menyisakan 11 menit, Sardar Azmoun mendefleksikan tendangan sudut untuk masuk ke gawangnya sendiri. Zenit pun harus menutup malam itu sambil mengubur mimpi meneruskan petualangannya di Eropa.

Susunan pemain:

Benfica (4-4-1-1): Odisseas Vlachodimos; Tomas Tavares, Francisco Ferreira, Ruben Dias, Alex Grimaldo; German Pizzi, Gabriel (Andreas Samaris), Adel Taarabt, Franco Cervi (Haris Seferovic); Chiquinho; Carlos Vinicius (Caio)
Pelatih: Bruno Lage

Zenit St. Petersburg (4-1-2-1-2): Mikhail Kerzhakov; Vyacheslav Karavaev, Yordan Osorio, Branislav Ivanovic, Douglas Santos (Aleksei Sutormin); Wilmar Barrios; Magomed Ozdoev (Igor Smolnikov), Oleg Shatov (Robert Mak); Aleksandr Yerokhin; Sardar Azmoun, Artem Dzyuba
Pelatih: Sergei Semak