Tim Jupiter bakal menampilkan 15 manuver dalam Singapura Airshow 2020

id jupiter,tni au,singapura

Tim Jupiter bakal menampilkan 15 manuver dalam Singapura Airshow 2020

Jupiter Aerobatic Team (JAT) tiba di Base Ops Pangkalan Udara Mulyono Herlambang, Palembang, Senin (3/2). (ANTARA/Dolly Rosana/20)

Palembang (ANTARA) - Tim aerobatik udara TNI AU Jupiter Aerobatic Team bakal menampilkan 15 manuver pada ajang unjuk kebolehan atraksi pesawat udara Singapura Airshow 2020, Kamis (6/2).

Pimpinan Jupiter Aerobatic Team (JAT) Letkol Pnb Muhammad Yunus di Base Ops Pangkalan Udara (Lanud) Mulyono Herlambang, Palembang, Senin, mengatakan anggota timnya sudah berlatih selama dua bulan untuk menampilkan 15 manuver tersebut.

"Ajang di Singapura ini berbeda dengan di Langkawi atau di tempat lain. Oleh karena itu, kami sudah memaksimalkan latihan. Ada banyak manuver baru yang kami siapkan, totalnya ada 15 manuver," kata dia.

Yunus menyebut beberapa manuver itu di antaranya jupiter roll dan plaferlip.

Manuver yang akan ditampilkan itu sudah dilihat dan dicek langsung oleh Kepala Staf TNI AU beberapa waktu lalu.

"Target kami yakni menampilkan manuver yang terbaik yang sudah kami latih selama ini, sebagai presentasi untuk TNI AU, bangsa, dan negara," kata dia.

Yunus mengatakan, JAT sudah tiga kali mengikuti event Singapura Airshow ini yakni pada 2014, 2016, dan 2020.

Untuk ajang ini, JAT akan menggunakan tujuh pesawat yang diterbangkan beberapa personel baru karena tim melakukan regenerasi dan mutasi. Secara keseluruhan tim juga dibantu 15 kru serta dilengkapi sejumlah peralatan seperti drone.

Yunus mengatakan terdapat tantangan berbeda pada ajang kali ini yakni merebaknya virus corona, yang saat ini telah memapar 17 negara.

"Kami sudah siap dengan tantangan ini. Tim semuanya sudah diperiksa kesehatan oleh dokter dan sudah disiapkan obat-obatan khusus. Kru penerbang sudah di briefing juga soal virus corona ini,” kata dia.

Kadislog Lanud Mulyono Herlambang Letkol Kal Pander E Sianipar mengatakan kehadiran tim JAT di Palembang membanggakan karena masyarakat dapat melihat secara langsung atraksi akrobatik pesawat di udara.

“Ini merupakan kebanggaan bagi Palembang karena tim JAT sempat mendarat di sini. Para pelajar dan masyarakat bisa langsung melihat pesawat yang akan digunakan untuk event internasional yang membanggakan Indonesia,” kata dia.