PLN UIP Nusra berdayakan perempuan desa lingkar PLTU Jeranjang

id PLN UIP Nusra,Pemberdayaan Masyarakat,PLTU Jeranjang,Desa Taman Ayu

PLN UIP Nusra berdayakan perempuan desa lingkar PLTU Jeranjang

Manajer Pertanahan, UPP Lombok, PLN UIP Nusra, Michel Marrung (kanan dua), menyerahkan secara simbolis paket bantuan kepada siswa sekolah dasar di Desa Taman Ayu, Lombok Barat, NTB. (Foto PLN UIP Nusra)

Mataram (ANTARA) - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra) memberdayakan kaum perempuan di Desa Taman Ayu, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, yang menjadi salah satu bagian dari desa lingkar Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jeranjang.

Pemberdayaan kaum perempuan di Desa Taman Ayu, Kecamatan Gerung, tersebut sebagai bentuk kepedulian  PLN UIP Nusra sekaligus mengungkit potensi ekonomi produktif yang bisa dikembangkan oleh masyarakat di desa lingkar PLTU Jeranjang, Kabupaten Lombok Barat.

Sebanyak 30 anggota Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan isteri para nelayan di Desa Taman Ayu sudah mengikuti pelatihan pembuatan abon ikan tengiri pada 9-10 Agustus 2020. Mereka dilatih oleh instruktur berpengalaman dari Kota Mataram.

Tidak hanya memberikan pelatihan, PLN UIP Nusra juga memberikan bantuan peralatan produksi abon ikan kepada para peserta pelatihan. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala Desa Taman Ayu, Muhammad Tajudin, disaksikan Manajer Pertanahan, UPP Lombok, PLN UIP Nusra, Michel Marrung, di kantor Desa Taman Ayu, Senin (24/8/2020).

Selain bantuan alat memasak, PLN UIP Nusra juga menyerahkan bantuan pendidikan untuk siswa SD se- Desa Taman Ayu, berupa 366 paket peralatan sekolah, (tas, alat tulis dan buku tulis) serta 2.260 masker PLN Peduli.

"Sudah cukup banyak bantuan yang diberikan oleh PLN. Alhamdulillah pola seperti ini yang kami inginkan sehingga masyarakat bisa melihat langsung bantuan yang diberikan melalui desa," kata Kepala Desa Taman Ayu, Muhammad Tajudin.

Menurut dia, kerja sama dengan PLN dalam hal penyaluran bantuan dan pemberdayaan masyarakat sudah berjalan baik sejak lama. Banyak sekali manfaat yang sudah diperoleh dari kemitraan tersebut.

Pemerintah Desa Taman Ayu juga berkomitmen untuk mengawal program pemberian bantuan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat yang diberikan oleh PLN, sehingga sesuatu yang telah diberikan benar-benar berjalan sesuai harapan dan memiliki dampak terhadap kehidupan warga desa.

Tajudin menyebutkan jumlah warga di wilayahnya sebanyak 2.532 kepala keluarga yang tersebar di delapan dusun. Ribuan kepala keluarga tersebut ada yang berprofesi petani, pedagang, swasta dan 20 persen nelayan.

"Kami, warga Desa Taman Ayu bersama-sama dengan PLN berkomitmen untuk menjaga PLTU Jeranjang. Dan kami selaku aparatur desa juga siap untuk bersama-sama mengawal berbagai program pemberdayaan PLN," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Manajer Pertanahan, UPP Lombok, PLN UIP Nusra, Michel Marrung menyebutkan, pihaknya memberikan bantuan kepada warga desa lingkar PLTU Jeranjang, salah satunya Desa Taman Ayu. Bantuan tersebut merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).
Abon ikan tengiri hasil pelatihan ibu-ibu anggota PKK dan isteri nelayan di Desa Taman Ayu. (Foto PLN UIP Nusra)

Untuk tahun ini, kata dia, bantuan yang diberikan berupa pelatihan produksi abon ikan tengiri kepada anggota PKK dan isteri nelayan di Desa Taman Ayu. Selain itu, memberikan bantuan paket peralatan sekolah kepada anak-anak sekolah dasar.

Pelatihan pembuatan abon ikan tersebut didasarkan pada potensi perikanan di desa setempat. Melalui pelatihan tersebut diharapkan kaum perempuan memiliki keterampilan usaha ekonomi produktif sehingga bisa membantu pendapatan keluarga.

"PLN UIP Nusra akan terus menjalankan program pemberdaan masyarakat desa sekitar pembangkit setiap tahun. Tentunya, kami menjalin kerja sama dengan pemerintah desa dan karang taruna," kata Michel.

Berbagai program pemberdayaan juga sudah dilakukan PLN UIP Nusra pada tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya, memberikan pelatihan budi daya jamur tiram kepada warga Desa Taman Ayu.

Selain itu, pemberian dana pemberdayaan kepada kelompok pemuda di Desa Perampuan, yang juga masuk dalam kategori daerah ring satu PLTU Jeranjang. Dana tersebut untuk membeli peralatan perbengkelan otomotif, sehingga kelompok pemuda bisa memiliki pekerjaan yang memberikan penghasilan setiap hari.
Jajaran PLN UIP Nusra bersama anggota PKK dan isteri nelayan bergembira usai penyerahan bantuan di kantor Desa Taman Ayu. (Foto PLN UIP Nusra)
Pewarta :
Editor: Awaludin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar