Perkuat sistem Lombok, PLTMGU Lombok Peaker beroperasi maksimal

id PLN NTB,Lombok Peaker,Gangguan Listrik

Perkuat sistem Lombok, PLTMGU Lombok Peaker beroperasi maksimal

Petugas PLN mengecek kondisi mesin PLTMGU Lombok Peaker di Mataram. (Foto PLN NTB)

Mataram (ANTARA) - Selepas berhasilnya proses sinkron bertahap seluruh engine di PLTMGU Lombok Peaker, akhirnya sistem kelistrikan Lombok kembali normal.

Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mataram, Dony Noor Gustiarsyah, mengungkapkan keberhasilan tersebut atas doa dari masyarakat dan juga upaya keras yang dilakukan oleh tim.

"Akhirnya, tiga belas engine di PLTMGU Lombok Peaker secara keseluruhan dapat kembali menyuplai listrik di Lombok," jelas Dony.

Dengan beroperasinya PLTMGU Lombok Peaker, maka tidak ada lagi pemadaman listrik di Lombok. Daya mampu pembangkit pagi ini (19/10) adalah sebesar 310 MW, dengan beban puncak rata rata adalah 257  MW.

"Masih ada cadangan daya sebesar 53 MW yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat NTB, baik untuk kebutuhan rumah tangga, bisnis ataupun industrinya," ujar Dony.

Dony juga menyebutkan bahwa terkait gangguan yang terjadi, PLN akan melakukan evaluasi terhadap sistem monitoring dan kontrol "engine" yang mengakibatkan PLTMG Lombok Peaker terganggu.

"Untuk menghindari hal yang serupa, selama beberapa hari ke depan, kita  akan monitor intensif untuk performa  PLTMGU Lombok Peaker. Selain itu, kami akan mulai dengan penyesuaian pola operasi dan juga re-setting sistem proteksi," ucap Dony.

Dony juga memohon maaf kepada seluruh masyarakat atas pemadaman yang terjadi di tiga hari terakhir.  

"Kami selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan pastinya terus menjaga keandalan sistem kelistrikan Lombok," katanya.