PLN NTB membantu 1.674 pohon untuk hijaukan Kawasan Ekonomi Mandalika

id PLN UIW NTB,KEK Mandalika,Bantuan Pohon

PLN NTB membantu 1.674 pohon untuk hijaukan Kawasan Ekonomi Mandalika

Senior Manager Sumber Daya Manusia dan Umum PLN UIW NTB, Handi Biantoro (kanan), menyerahkan secara simbolis bantuan bibit pohon senilai Rp75 juta kepada Operations Head The Mandalika, I Made Pari, di Kabupaten Lombok Tengah, Jumat (6/11/2020). ANTARA/Awaludin

Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat melalui program Bina Lingkungan memberikan bantuan kepada PT Indonesia Tourism Development Corporation berupa 1.674 batang pohon untuk menghijaukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Senior Manager Sumber Daya Manusia dan Umum PLN UIW NTB, Handi Biantoro, menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut kepada Operations Head The Mandalika, I Made Pari, di Kabupaten Lombok Tengah, Jumat.

Bantuan ribuan batang bibit pohon tersebut terdiri atas bibit pohon bougenville, anggur laut, dan kamboja. Bibit akan ditanam di dua lokasi, yakni Kuta Beach Park, dan sepanjang jalur akses masuk gerbang barat.

"Semoga bantuan ini juga menjadi trigger bagi badan usaha lainnya di Lombok untuk mendukung proyek ini secara bersama," kata Handi.


Ia mengatakan bantuan bibit tersebut merupakan sinergi antara PLN dan ITDC Mandalika sebagai BUMN untuk membangun dan menyukseskan kawasan agrowisata dan ekowisata, mengingat Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika merupakan salah satu proyek strategis pemerintahan saat ini.

Kedepannya, kata Handi, bibit yang sudah ditanam akan dipantau pertumbuhannya selama tiga bulan dan diganti dengan pohon baru apabila mengalami kerusakan guna mendapatkan hasil yang maksimal.

Di sisi lain, PLN sebagai perusahaan penyedia kelistrikan juga telah mempersiapkan infrastruktur kelistrikan untuk mendukung seluruh kegiatan di KEK Mandalika, termasuk perhelatan MotoGP.


Salah satunya adalah dengan mengoperasikan Gardu Induk Kuta di Lombok Tengah dengan kapasitas 30 Megavolt Ampere (MVA).

PLN juga siap menambah kapasitas Gardu Induk Kuta hingga 180 MVA secara bertahap jika kapasitas gardu induk yang ada telah digunakan secara maksimal.

"PLN siap melistriki dan mensukseskan pelaksanaan MotoGP yang akan digelar tahun 2021," kata Handi.

Pada kesempatan yang sama, Operations Head The Mandalika, Made Pari menyampaikan apresiasinya kepada PLN karena telah menyalurkan program Bina Lingkungannya kepada KEK Mandalika.

"Terima kasih atas dukungan PLN untuk mempercantik kawasan Kuta Beach Park di KEK Mandalika," ujarnya.