Setahun mengabdi di NTB, Irjen Iqbal sukses jaga kamtibmas di tengah pandemi COVID-19

id Kampung Sehat 2

Setahun mengabdi di NTB, Irjen Iqbal sukses jaga kamtibmas di tengah pandemi COVID-19

Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal (tengah) usai menyambangi pelayanan tes cepat (rapid test) COVID-19 gratis yang digelar pihak RS Bhayangkara Mataram, di Jalan Langko, Mataram, NTB, Selasa (23/6/2020). (ANTARA/Dhimas B.P.)

Mataram (ANTARA) - Aktivis pemuda menilai kiprah Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat Irjen Pol Mohammad Iqbal dalam setahun terakhir telah sukses dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tengah Pandemi COVID-19.

"Kesuksesan Kapolda NTB dapat kita lihat dari semua program yang terus digalakkan di tengah Pandemi COVID-19, seperti lomba kampung sehat dan kampanye sehat," kata Karman BM, salah seorang aktivis kepemudaan NTB, di Mataram, Senin.

Dengan beragam strategi sinergitas dan kolaborasi yang dibangunnya, Kapolda NTB dinilai berhasil membuat aktivitas ekonomi bergairah, dan juga momentum pilkada yang aman damai tanpa adanya konflik horizontal di tengah masyarakat.

"Ekonomi masyarakat tetap hidup dan hak-hak politik terpenuhi," ujarnya.

Menurut dia, suksesnya Kapolda NTB dalam kiprah setahun ini berkat kolaborasi dan sinergitas yang terus digalakkan. Bersama seluruh elemen masyarakat, baik dari kalangan kelompok aktivis kepemudaan dan mahasiswa, instansi pemerintah dan TNI, terus dirangkul erat.

"Kapolda NTB juga sering mengunjungi rumah para tokoh masyarakat, agama, dan adat. Komunikasi ini yang juga menjadi kunci kesuksesannya menjaga NTB tetap baik," ucap dia.

Kesuksesan Kapolda NTB juga dilihat dalam upaya pengamanan proyek strategis nasional, yakni Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah.

Untuk menghindari konflik serta mempercepat pembangunannya, Kapolda NTB telah membentuk tim percepatan yang terdiri dari berbagai unsur lembaga negara vertikal yang ada di NTB. Tim tersebut di antaranya adalah BPN, kejaksaan, pengadilan dan pemerintah.

"Kerja tim ini memadukan legitimasi publik dan kepastian hukum. Dan dalam proses pembebasan lahan mandalika berjalan lancar, tidak ada korban. Ia berhasil mengajak semua pihak untuk lebih mementingkan kebutuhan NTB," katanya.

Dengan keragaman prestasi yang telah ditorehkan Kapolda NTB, dia berharap masyarakat dapat terus mendukung kinerja kepolisian, TNI dan pemerintah di NTB. Dia juga berharap sosok Kapolda NTB dapat menjadi contoh yang patut untuk dicintai oleh kalangan masyarakat.

"Saya berharap, pak Iqbal tetap menjadi sosok yang disenangi dan dicintai masyarakat NTB dan Indonesia dengan tetap menjaga serta meningkatkan prestasi itu," ujar dia.
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar