Wawali Mataram mengajak OPD semangat cari sumber pendapatan daerah

id mujib,covid,matraam

Wawali Mataram mengajak OPD semangat cari sumber pendapatan daerah

Wakil Wali Kota Mataram TGH Mujiburrahman. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Wakil Wali (Wawali) Kota Mataram TGH Mujiburrahman mengajak pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, tetap semangat mencari sumber-sumber baru pendapatan daerah di masa pendemi COVID-19.

"Kita bisa pahami situasi perekonomian saat ini, tapi kita harus tetap semangat mencari jalan keluar. Insya Allah kalau kita bersungguh-sungguh akan ada solusi," katanya kepada sejumlah wartawan di Mataram, Minggu.

Pernyataan itu disampaikan menyikapi kondisi terhadap potensi penurunan pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2021, sebab beberapa sumber pendapatan daerah diprediksi mengalami penurunan signifikan bahkan hingga 50 persen, sejak pandemi COVID-19.

Beberapa sumber pendapatan daerah yang selama ini menjadi "primadona" namun kini terdampak langsung oleh pandemi COVID-19, antara lain pajak hotel, restoran, parkir, hiburan, serta PBB.

Terkait dengan itu, kata wakil wali kota, dalam hal ini dibutuhkan kerja sama, kesabaran dan komitmen bersama untuk mengencangkan ikat pinggang mencari jalan keluar yang bisa menjadi potensi sumber pendapatan baru.

"Badan Keuangan Daerah (BKD), dalam hal ini kita harapkan bisa berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah (Sekda) untuk mencari sumber-sumber pemasukan daerah lain," katanya lagi.

Menurutnya, kondisi keuangan dan perekonomian daerah di tengah pandemi COVID-19 tidak hanya terjadi di Kota Mataram, melainkan merata di semua daerah bahkan negara.

"Karena itu, kita berharap masyarakat juga dapat memaklumi kondisi saat ini," ujarnya.