PERAGAAN BUSANA SEMARAKKAN HARI KARTINI DI MATARAM

id



    Mataram, 21/4 (ANTARA) - Peringatan Hari Kartini, tokoh emansipasi wanita Indonesia,  di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kamis, disemarakkan dengan lomba peragaan busana nasional di sejumlah sekolah di daerah ini.

    ANTARA di Mataram melaporkan, lomba peragaan busana tersebut diantaranya digelar di Sekolah Dasar Negeri 40 Mataram di Karang Bedil dan Sekolah Dasar Negeri 15 Mataram di Punia.

    Lomba peragaan busana tersebut digelar di lapangan di depan sekolah masing-masing. Sorak- sorai siswa menyemangati temannya yang sedang berada di pentas, menambah meriahnya kegiatan tersebut.

    Pakaian atau busana yang dikenakan siswa/siswi itu sebagian besar merupakan pakaian daerah Suku Sasak dan Bali, suku yang banyak tinggal di Mataram.

    Peragaan busana para siswa sekolah dasar ini meski tidak seperti halnya peragawan/peragawati diatas "catwalk", namun penampilan mereka cukup meyakinkan kendati banyak yang lenggak-lenggoknya terkesan kaku.

    Bahkan, karena mendapat sorak-sorai teman-temannya yang mengelilingi arena peragaan, para peserta lomba justru berjalan lurus tapi wajah menunduk.

    Semarak kegiatan memperingati Hari Kartini itu diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan kejuangan para siswa, khususnya perjuangan emansipasi seperti telah dilakukan Raden Ajeng Kartini pada waktu silam. (*)