MAHASISWA PERTANYAKAN AKREDITASI FAKULTAS HUKUM UMM

id

     Mataram, 9/5 (ANTARA) - Sebanyak 80 orang mahasiswa menggelar unjuk rasa guna mempertanyakan akreditasi Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Mataram yang hingga kini belum juga terwujud.

     Unjuk rasa yang berlangsung di depan Kampus Universitas Muhammadiyah Mataram (UMM), Senin, itu dikoordinir Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum UMM Herman.

     Mereka menuntut segera diakretasikan Fakultas Hukum UMM dan fakultas lainnya di universitas swasta itu yang belum juga diakreditasi.

     Para mahasiswa khawatir jika hal itu terus berlangsung maka kelak mereka akan lulus dengan ijazah yang ilegal.

     Dalam orasinya, Herman mengatakan, kuliah merupakan harta masa depan dalam meraih ilmu setinggi-tingginya demi mencapai cita-cita, namun harapan tersebut bakal sia-sia sebab fakultas dimana tempat menimba ilmu belum terakreditasi.

     "Kini Perkulihan terhalang dan terbengkalai oleh status Fakultas Hukum yang belum layak untuk diakrediatasi," ujarnya.

     Herman mengatakan, belum terakreditasinya Fakultas Hukum UMM maka jerih payah selama kuliah di fakultas itu akan sia-sia.

     Dalam persaingan dunia kerja akreditasi sebuah jurusan adalah harga mati, oleh sebab itu sebelum lulus dari Universitas Muhammadiyah Mataram itu mereka akan terus memperjuangkannya.

     "Gedung megah dengan segala fasilitas bukanlah yang diharapkan, tapi ijazah dari fakultas terakreditasi yang diharapkan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mataram ini," ujarnya.

     Oleh sebab itu, kata Herman, jika sampai 2012 Fakultas Hukum UMM belum juga terakreditasinya maka mereka akan terus beraksi menunut kejelasannya.

     "Bila perlu,  kami akan membubarkan kampus ini," ujarnya di tengah kerumunan massa pengunjuk rasa itu.

      Namun, para pengunjuk rasa kemudian membubarkan diri setelah hampir tiga jam beraksi, namun tidak ada pihak fakultas maupun universitas yang menemui mereka. (Riko/*)