Gubernur NTB janjikan 23 ribu tiket gratis nonton Asia Talent Cup

id NTB,Gubernur Zulkiflimansyah,Asia Talent Cup,WSBK,MotoGP,Sirkuit Mandalika,KEK Mandalika

Gubernur NTB janjikan 23 ribu tiket gratis nonton Asia Talent Cup

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), H Zulkieflimansyah. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat, H Zulkieflimansyah menjanjikan 23 ribu tiket gratis bagi vaksinator dan pelajar SMA/SMK di wilayah itu untuk menonton Idemitsu Asia Talent Cup sebagai ajang pembuka balap motor World Superbike (WSBK) di sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah.

"Kita akan dapat free tiket dari MGPA untuk semua vaksinator di NTB yang telah berjuang siang dan malam memperjuangkan vaksinasi di NTB terus meningkat sehingga mencapai 70 persen agar kita berada di Level 1 dan siap menjadi tuan rumah event international ini," ujar Zulkieflimansyah di Mataram, Rabu. 

Pernyataan Gubernur NTB Zulkiflimansyah ini disampaikan setelah bertemu pelaksana event Junior MotoGP atau Idemitsu Asia Talent Cup yang akan digelar di Sirkuit Mandalika tanggal 12 - 14 November 2021. Gubernur Zulkieflimansyah menjanjikan tiket gratis bagi 3.000 lebih vaksinator dan 20 ribu pelajar SMA/SMK di NTB.

"Agar rasa memiliki terhadap event ini terasa di hati kita," ujarnya.

Terkait tiket gratis bagi para pelajar untuk kejuaraan balap motor Asia Talent Cup, mantan anggota DPR RI tiga periode ini menilai sesuatu yang wajar. Hal ini mengingat pembalap-pembalap dalam Asia Talent Cup ini kebanyakan anak-anak muda yang sebaya dengan usia pelajar SMA/SMK agar menjadi inspirasi bagi mereka ke depan yang berminat menjadi pembalap.

Idemitsu Asia Talent Cup ini adalah ajang pembuka di sirkuit Mandalika, seminggu sebelum World Superbike yang digelar 19 - 21 November. Ajang balap pencarian bakat yang digelar Dorna Sports selaku organizer MotoGP dan WSBK ini banyak menyumbang pembalap ke ajang Moto3 dan selanjutnya naik ke Moto2 dan MotoGP atau WSBK.

Dari 100 kandidat sementara ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2022, kini terdapat 20 remaja Indonesia dari usia 12 hingga 16 tahun. Mereka terpilih dari 400 kandidat awal dari 22 negara. Kandidat tersebut berasal dari 10 negara, yakni Indonesia, Jepang, Australia, Malaysia, Philipina, Saudi Arabia, Thailand, India, Taiwan dan Vietnam. Enam pembalap perempuan diantaranya berasal dari Indonesia.

Lebih lanjut orang nomor satu di NTB ini, menginginkan daerah yang dipimpinnya sukses menjadi tuan rumah event dunia World Superbike (WSBK) 2021 dan MotoGP 2022. 

Sebelum pelaksanaan event dunia tersebut, gelar kejuaraan balap motor yunior Asia Challenge seminggu sebelum gelaran WSBK dilaksanakan menjadi uji coba kesuksesan. 

"Suksesnya balap motor Asia Talent Cup awal suksesnya WSBK dan MotoGP," ucap Bang Zul sapaan akrab Gubernur NTB.

Oleh karena itu, Bang Zul meminta 
Dinas Perhubungan NTB menyiapkan Area Traffic Control System (ATCS), sebuah sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi yang berguna mengoptimalkan kinerja jaringan jalan dan koordinasi pengaturan lampu lalu lintas di setiap persimpangan. 

Gubernur juga meminta Kadis Pariwisata NTB untuk mengatur tempat duduk para penonton agar tidak berdesakan dan menghindari membludaknya penonton di satu tempat. 

"Jadi kita harapkan semua OPD bisa terlibat. Karena kalau berharap dari ITDC hanya mengelola kawasan saja dan terbatas orangnya jadi kita juga turut berperan," katanya.



 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2021