Gubernur NTB mengajak masyarakat beli produk lokal

id NTB,UMKM,Produk Lokal,Gubernur NTB Zulkieflimansyah

Gubernur NTB mengajak masyarakat beli produk lokal

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), H Zulkieflimansyah melihat sekaligus juga membeli produk yang dihasilkan UMKM dan dijual di Perumda Kota Bima dalam kunjungan kerjanya ke wilayah itu. (ANTARA/Diskominfotik NTB/dok).

Mataram (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat, H Zulkieflimansyah mengajak masyarakat bela dan membeli produk lokal dari hasil produksi UMKM setempat.

"Makanya kami mengajak masyarakat NTB mencintai produk daerahnya sendiri," kata Zulkieflimansyah dalam keterangan tertulis diterima di Mataram, Jumat.

Permintaan Gubernur NTB Zulkieflimansyah ini disampaikannya saat melakukan kunjungan kerja ke Perumda Bima Aneka, perusaan daerah milik Pemerintah Kota Bima.

Ia menyatakan, saat ini peran UMKM lokal sangat strategis menggerakan sektor ekonomi masyarakat. Namun harus didorong dengan memanfaatkan produknya.

Untuk itu, kata Bang Zul sapaan akrabnya, komitmen Pemrov NTB dalam penguatan UMKM lokal ini telah ditetapkan melalui Perda tentang Bela Beli Produk Lokal.

"Apa yang dilakukan Perumda sangat bagus, krenlah," kata Doktor Zul saat melihat pembuatan tote bag, di ruang produksi.

Dalam kunjungannya tersebut, Gubernur NTB sempat memborong cemilan produk UMKM lokal Kota Bima, yang dijual di etalase Perumda.

Direktur Perumda Bima Aneka, Zulhaidin menjelaskan, bahwa ada beberapa etalase produk lokal, ruang produksi dan ruang kemasan.

Ia mengaku telah membina 140 UMKM lokal dan baru 67 UMKM terakomodir dan 180 jenis produk.

"Kami memasarkan produk UMKM seperti NTB Mall Pemprov NTB inisiasi briliant Bunda Niken Zulkieflimansyah yang menyediakan segala macam produk umkm lokal NTB," ujarnya.

Disinggung tentang industrialisasi yang digagas Pemprov NTB, ia merespon positif upaya Pemprov NTB cukup cepat melakukan proses industrialisasi dan ini sangat bermanfaat bagi UMKM lokal.