Satgas COVID-19 mengingatkan masyarakat tetap waspada jelang libur Natal

id Satgas Covid-19 ,Omicron

Satgas COVID-19  mengingatkan masyarakat tetap waspada jelang libur Natal

Tangkapan layar Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan COVID-19 Alexander Ginting dalam diskusi virtual FMB9 yang dipantau dari Jakarta pada Selasa (30/11/2021) (ANTARA/Prisca Triferna)

Jakarta (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mengingatkan masyarakat tetap waspada dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan serta mematuhi aturan mengenai mobilisasi, mengingat Indonesia tidak hanya mengantisipasi kenaikan kasus akibat libur Natal dan Tahun Baru 2022, tapi juga varian baru Omicron.

"Di kala kita bersiap untuk antisipasi lonjakan kasus karena libur Natal dan tahun baru, kita juga dikhawatirkan dengan isu mengenai antisipasi varian Omicron," kata Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan COVID-19 Alexander Ginting, dalam diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9 yang dipantau dari Jakarta, Selasa.

Oleh karena itu, ujar Alexander, telah dikeluarkan Surat Edaran Kasatgas Nomor 23 Tahun 2021 tentang Protokol Perjalanan Internasional yang mengatur, seperti karantina dan pembatasan-pembatasan lain.

Tidak hanya itu, untuk mengantisipasi libur Natal dan tahun baru, telah dikeluarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 63 Tahun 2021 yang mengatur kapasitas kegiatan masyarakat di sejumlah sektor pada PPKM Level 2.

Selain itu, katanya, pembatasan lain tetap dilakukan, seperti syarat surat telah menjalani vaksinasi dan tes antigen atau PCR untuk pelaku perjalanan. Terdapat juga penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk akses masuk ke fasilitas publik.

Meski telah terjadi pelonggaran di beberapa sektor, dia kembali mengingatkan bahwa virus COVID-19 masih ada di Tanah Air dan berpotensi menular di lingkungan sekitar.

"Oleh karenanya kita harus membatasi supaya jangan terjadi mobilitas tinggi," katanya.

Masyarakat, ujarnya, harus lebih mementingkan perlindungan dirinya dan keluarga dibandingkan sesuatu yang bersifat sementara, seperti berlibur.
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2022