PUPR Mataram menargetkan penataan Taman Sangkareang tuntas pekan depan

id sangkareang,mataram,pupr

PUPR Mataram menargetkan penataan Taman Sangkareang tuntas pekan depan

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram, Miftahurrahman. ANTARA/Nirkomala

Mataram (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menargetkan, kegiatan penataan fisik Taman Sangkareang dengan anggaran Rp2 miliar, tuntas pada pekan depan.

Kepala Dinas PUPR Kota Mataram Miftahurrahman di Mataram, Kamis mengatakan posisi penataan Taman Sangkareang saat ini mencapai 88 persen.

"Insya Allah, jika cuaca mendukung hari Senin (27/12) kegiatan penataan bisa rampung. Meskipun kontrak proyek tersebut sampai 31 Desember 2021," katanya kepada sejumlah wartawan.

Miftahurrahman mengaku optimistis terhadap kegiatan penataan Taman Sangkareang selesai lebih cepat dari target kontrak, karena saat ini kegiatan tinggal penyelesaian pelataran taman.

"Setelah rampung, Taman Sangkareang yang berada di jantung kota ini bisa menjadi salah satu ikon Kota Mataram dan tujuan wisata dengan berbagai kearifan lokal," katanya.

Lebih jauh Miftahurrahman mengatakan, penataan Taman Sangkareang dilakukan dengan konsep berbasis kearifan lokal sebagai upaya melindungi dan melestarikan budaya dan seni kerajinan daerah.

Beberapa kearifan lokal yang akan disiapkan untuk ornamen penataan Taman Sangkareang adalah lumbung dan motif tenun.

"Kita akan membuat beberapa ornamen berbentuk lumbung pada pintu masuk bagian selatan, plaza, selain itu panggung yang sudah ada pada bagian utara akan kita lengkapi dengan ornamen bermotif lumbung dan tenun," katanya.

Dikatakan, lumbung dipilih menjadi ornamen utama dalam penataan Sangkareang karena lumbung padi menjadi bangunan hasil seni kerajinan yang bernilai penting bagi suku Sasak di Lombok.

"Sedangkan motif tenun, merupakan salah satu hasil kerajinan masyarakat di Pulau Lombok yang sekaligus sebagai ajang promosi produk kerajinan unggulan daerah," katanya.