Pemkab Lombok Tengah mendorong peran pemuda cegah pernikahan dini

id Pernikahan Dini

Pemkab Lombok Tengah mendorong peran pemuda cegah pernikahan dini

Acara Sosialisasi peran pemuda dalam mencegah pernikahan dini Kecamatan Praya Timur, Lombok Tengah (ANTARA/HO-Humas Pemkab Lombok Tengah)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat mulai mendorong peran kalangan pemuda dalam mencegah pernikahan dini dengan melakukan edukasi kepada masyarakat.

"Peran Karang Taruna dalam mewadahi dan memfasilitasi partisipasi generasi muda dalam
menghindari pernikahan dini dan kerentanan sosial lainnya harus terus ditingkatkan," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Lombok Tengah Baiq Sri Hastuti Handayani di Praya, Selasa.

Oleh karena itu, pemerintah daerah setempat terus melakukan sosialisasi informasi dan edukasi kreatif berdasarkan kearifan lokal kepada masyarakat sebagai upaya mendorong pemuda untuk sadar pentingnya mempersiapkan pernikahan.

"Harapannya tentu supaya bisa meminimalisir angka pernikahan dini di kalangan pemuda," katanya.

Selain itu, para pemuda bisa merencanakan usia perkawinan yang ideal, perencanaan kehamilan dan kelahiran yang sehat, menjadi peserta KB jangka panjang, serta meningkatkan ketahanan dan ekonomi keluarga.

"Kita berharap kesadaran dan pemahaman pemuda untuk melakukan perencanaan berkeluarga yang lebih baik yang pada akhirnya nanti terwujudlah keluarga dan masyarakat yang berkualitas dan sejahtera," katanya.