NTB fokus percepatan vaksinasi cegah Omicron

id Vaksin

NTB fokus percepatan vaksinasi cegah Omicron

Salah seorang warga saat divaksinasi di Kampus Poltekpar Lombok, NTB. (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Kapolda NTB, Irjen Pol Djoko Poerwanto mengatakan, bahwa pemerintah daerah bersama TNI-Polri saat ini fokus melaksanakan percepatan vaksin lansia dan anak serta dewasa dalam rangka mencegah penyebaran virus COVID-19 termasuk virus Omicron.

"Vaksin ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat untuk melawan penyebaran COVID-19," kata Irjen Pol Djoko saat acara evaluasi pelaksanaan vaksinasi serentak bersama Presiden secara virtual di Kampus Poltekpar Lombok di Praya, Jumat.

Selain untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat, percepatan vaksinasi ini juga dilaksanakan dalam rangka mendukung ajang MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika tanggal 18-20 Maret 2022 mendatang.

Percepatan vaksinasi ini dilaksanakan sesuai dengan arahan Bapak Presiden Jokowi, karena kondisi perkembangan kasus COVID yang mulai meningkat. Sehingga ada dua hal yang menjadi penekanan dalam mengantisipasi penyebaran virus Omicron itu yakni vaksin dan tetap patuh protokol kesehatan COVID-19.

"Dua kunci itu yang harus dilakukan saat ini," katanya.

Jumlah capaian vaksinasi di Provinsi NTB untuk dosis pertama sebanyak 91,79 persen atau 3.589.463 jiwa dan dosis kedua mencapai 65 persen atau 2.547.391 jiwa serta dosis tiga mencapai 2.27 persen atau 81.582 jiwa.

"Vaksinasi untuk anak dosis pertama mencapai 70.32 persen atau 413.567 jiwa dan dosis dua sebanyak 22 persen atau 130.069 jiwa," katanya.*