UMKM Lombok Tengah diminta memanfaatkan aplikasi digital

id lombok tengah,NTB,digitalisasi umkm

UMKM Lombok Tengah diminta memanfaatkan aplikasi digital

Tim dari PT Telkom saat melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lombok Tengah Ikhsan (Kanan) di Praya, Lombok Tengah, NTB (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Daerah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat kerjasama dengan PT Telkom akan menggelar pelatihan bagi pelaku UMKM, supaya mereka bisa memanfaatkan digitalisasi untuk meningkatkan pemasaran produk pada ajang MotoGP Mandalika.

"Ini sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan peluang usaha, sehingga dapat mendukung kebangkitan ekonomi para UMKM pasca pandemi," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lombok Tengah Ikhsan, saat menerima perwakilan dari PT Telkom di kantornya di Praya, Senin.

Oleh sebab itu, pemerintah daerah menyambut baik program tersebut dan diharapkan bisa membantu para pelaku UMKM yang telah lulus kurasi melakukan pemasaran secara digital agar tetap produktif di tengah pandemi.

"Pemerintah daerah terus mendorong pengembangan UMKM untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya.

Sementara itu, Manager Business, Goverment, Enterprise, Services (BGES), Telkom NTB Nursuci Kartini mengatakan, dengan adanya pelatihan digital tersebut diharapkan para pelaku UMKM bisa memasarkan produk mereka melalui media sosial dan bisa melakukan transaksi pembayaran secara non tunai.

"Ke depan diharapkan pelaku UMKM tidak hanya melakukan pembayaran secara manual dan bisa juga menghitung keuntungan atau pelaporan secara online melalui aplikasi digital," katanya.

Untuk itulah, PT Telkom telah membuat aplikasi digital khusus bagi UMKM yakni "Mysooultan" yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menjual produk mereka. Aplikasi tersebut bisa digunakan melalui Handphone android dan diharapkan bisa memudahkan para pelaku UMKM dalam memberikan pelayanan kepada konsumen.

"Kita ingin berperan untuk mendorong pertumbuhan UMKM di Lombok Tengah atau Mandalika," katanya.