Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah siapkan 45 ekor sapi kurban

id kurban ,Lombok Tengah

Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah siapkan 45 ekor sapi kurban

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lombok Tengah, Lalu Taufikurahman (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah menyiapkan hewan kurban sebanyak 45 ekor sapi yang akan dipotong pada Idul Adha 1443 Hijriah. "Ada 45 ekor sapi yang akan di kurban tahun ini," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Lombok Tengah, Lalu Taufikurahman di Praya, Jumat.

Ia mengatakan, puluhan ekor ternak sapi yang akan dijadikan kurban tersebut dipastikan bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK) atau sehat sesuai dengan ketentuan syarat hewan kurban. Ternak yang akan kurban tersebut berasal dari masing-masing OPD di Lombok Tengah.

Pemotongan hewan kurban tersebut akan dilakukan di OPD dan ada yang diserahkan ke kecamatan untuk disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerima daging kurban. "Anggaran untuk hewan kurban ini semua dari masing-masing OPD," katanya.

Baca juga: Satgas minta masyarakat hati-hati kontak hewan terinfeksi PMK

Terpisah, Bupati Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, H Lalu Pathul Bahri mengimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan perayaan Idul Adha 1443 Hijriah pada tanggal 10 Juli 2022 sesuai dengan keputusan Kementerian Agama. "Perayaan hari raya kurban di Lombok Tengah kita tetap mengikuti keputusan pemerintah pusat," kata H Lalu Pathul Bahri .

Oleh karena itu, Berdasarkan Surat Edaran (SE) dari Kementerian Agama RI Nomor 10/2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Shalat Hari Raya Idul Adha dan Pelaksanaan Kurban 1443 Hijriah/2022 Masehi dan sesuai hasil sidang itsbat yang telah dilakukan, Bupati Lombok Tengah juga mengeluarkan SE tentang imbauan pelaksanaan lebaran kurban 2022. "Kita telah mengeluarkan surat edaran supaya sama-sama melaksanakan hari raya Idul Adha pada hari Minggu," katanya.