Mahasiswa KKN Universitas Islam Al-Azhar Mataram dorong pengembangan Desa Wisata Lantan

id Universitas Al Azhar,Mataram,KKN

Mahasiswa KKN Universitas Islam Al-Azhar Mataram dorong pengembangan Desa Wisata Lantan

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran pemberdayaan masyarakat (PPM) Universitas Islam Al- Azhar Mataram, Nusa Tenggara Barat, siap mendorong pengembangan desa wisata Lantan, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah.

Hari ini kami telah melaksanakan survei ke lokasi di Desa Lantan
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran pemberdayaan masyarakat (PPM) Universitas Islam Al- Azhar Mataram, Nusa Tenggara Barat, siap mendorong pengembangan desa wisata Lantan, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah.

"Pengembangan Desa wisata Lantan menjadi salah satu program utama kelompok enam KKN di Desa Lantan," Dosen pembimbing Hafizatul Ulum,SH.,MH dalam keterangan tertulisnya di desa lantan.

Program KKN Universitas Islam Al-Azhar 2022 ini mengangkat tema pengembangan desa wisata berbasis sumber Daya Lokal.

"Hari ini kami telah melaksanakan survei ke lokasi di Desa Lantan," katanya

Ia mengatakan, Desa Lantan merupakan salah satu desa yang dicanangkan sebagai desa wisata di provinsi NTB, dengan berbagai potensi lokal yang mampu bersaing menjadi salah satu destinasi wisata di NTB. 

Salah satu potensi unggulan wisata yaitu Air terjun babak pelangi yang saat ini dikelola oleh Pokdarwis, namun masih dikelola secara sederhana, sehingga perlu dilakukan pengemasan potensi wisata yang lebih menarik untuk meningkatkan kunjungan pariwisata di Lombok Tengah secara umum. 

"Semua potensi desa yang ada ini harus terus dikembangkan dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya 

Ia mengatakan, potensi agrowisata sangat nyata didesa ini, sehingga akan sangat menarik untuk dikembangkan dan menjadi salah satu program utama kelompok KKN Desa Lantan. Selain itu, desa lantan juga telah memiliki Sirkuit Motor Croos yang bisa menjadi daya tarik wisatawan khusus dalam pengembangan sport wisata. 

"Potensi yang ada di Desa Lantan ini harus kita kembangkan untuk kebangkitan wisata pasca pandemi COVID-19," katanya. 

Sementara itu, Kades Lantan, Erwandi,S.Pd menyampaikan ucapan terimakasih dan sangat mendukung kegiatan KKN yang digelar mahasiswa Unizar Mataram tersebut. 

"Kami siap mendukung kegiatan KKN di Desa Lantan untuk kemajuan ekonomi masyarakat," katanya. 

Kegiatan Survei lokasi KKN tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Islam Al-Azhar  Dr.H.Ainuddin,SH.,MH dan mahasiswa peserta KKN. Pembekalan KKN akan dilakukan 23 Juli, seminar proposal PROKER 28 Juli, pelepasan Mahasiswa KKN 1 Agustus dan penarikan mahasiswa KKN 3 September 2022.
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2022