Pemkab Buleleng dorong digitalisasi koperasi menjelang G20

id Pemkab Buleleng, Hari Koperasi, koperasi, digitalisasi, digital

Pemkab Buleleng dorong digitalisasi koperasi menjelang G20

Launching digitalisasi Koperasi Karyawan Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (Kopkar YPTA) Surabaya. (ANTARA Jatim/Willy Irawan)

Singaraja, Buleleng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas digitalisasi koperasi di wilayah itu menjelang perhelatan G20 di Pulau Dewata.

"Hari Koperasi merupakan momentum yang tepat untuk membangkitkan semangat memajukan, meningkatkan kualitas dan menjadikan koperasi modern," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, dalam Perayaan Hari Koperasi Nasional Ke-75 di Gedung Kesenian Gde Manik, Buleleng, Jumat.

Ia mengatakan koperasi harus mengambil kesempatan masuk ke ruang digital. Peluang terbuka lebar dengan adanya Instruksi Presiden (INPRES) tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi Dalam Rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Baca juga: Kementerian Investasi siap pertemuan kedua TIIWG G20

"Saat ini, setiap daerah, pengadaannya harus lebih banyak menggunakan e-katalog dan e-katalog-nya adalah lokal. Ini kesempatan UMKM dan koperasi untuk masuk ke dalam sistem e-katalog lokal," paparnya.

Dengan masuknya Koperasi dan UMKM ke ruang digital, khususnya untuk bergabung dengan e-katalog pemerintah, maka keuntungan bisa dinikmati. Masuk ke ruang digital, tidak bisa dilakukan tanpa adaptasi yang baik, dan peningkatan kualitas yang terus-menerus diupayakan.

"Untuk bisa sampai seperti itu, maka koperasi dan UMKM harus masuk ke ruang digital. Demikian, semua harus meningkatkan kualitas. Mendekatkan diri pada modernitas," ujarnya dalam Perayaan Hari Koperasi Nasional Ke-75 yang bertema "Melalui Koperasi Modern Kita Sukseskan Kedaulatan Pangan dan Energi" itu.

Baca juga: Kemenpora harap Y20 berikan rekomendasi tingkatkan SDM kaum muda

Terkait tema tersebut, Suradnyana mengungkapkan hal tersebut menjadi sangat sesuai untuk koperasi menjadi pilar kuat ekonomi bangsa dalam mengarungi krisis global yang saat ini melanda.

"Koperasi menjadi soko guru yang sangat kuat di bidang ekonomi untuk level menengah kebawah. Saat ini diberi ruang untuk masuk ke dunia digital. Saya harap koperasi jadi lebih baik, berdaya saing, masuk di dunia modern lewat digitalisasi," ungkapnya.

Suradnyana juga menyampaikan apresiasi atas gelaran Hari Koperasi Ke-75 di Kabupaten Buleleng yang dilakukan dengan berbagai kegiatan, antara lain Pasar rakyat dan gelar koperasi dan UMKM di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja, donor darah, perlombaan tradisional, talkshow, lomba mewarnai untuk anak, lomba video pendek, dan temu bisnis.