Tim Andalan Kebersihan Lombok Timur diminta meresponsif sisir sampah

id Kebersihan

Tim Andalan Kebersihan Lombok Timur diminta meresponsif sisir sampah

Bupati Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, HM Sukiman Azmy (ANTARA/Istimewa)

Selong, Lombok Timur (ANTARA) - Bupati Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, HM Sukiman Azmy meminta tim andalan kebersihan yang telah dikukuhkan supaya responsif dalam menjaga kebersihan di Kota Selong daerah setempat.

"Tim andalan kebersihan ini bertugas melakukan penyisiran sampah dari pagi sampai sore dan menjaga tempat-tempat sampah yang rawan agar masyarakat tidak membuang sampah," kata HM Sukiman Azmy saat mengukuhkan sebanyak 50 orang tim andalan kebersihan Kota Selong, dikutip dari keterangan resminya di Mataram, Rabu.

Tim tersebut dibagi menjadi dua kelompok yakni pertama berjumlah 40 orang yang bertugas sebagai penyapu jalan mulai dari pukul 4.30 wita sampai dengan Pukul 07.00 Wita, dan dilanjutkan pada pukul 16.00 Wita.

"Sementara 10 orang lainnya membantu atau sebagai anak buah kendaraan pengangkut sampah," katanya.

Bupati juga menekankan lima poin penting yang harus diwujudkan tim andalan kebersihan tersebut, yaitu kebersihan, keindahan, keasrian, kehijauan, dan kenyamanan.

"Saya tidak berharap menemukan sampah di sepanjang jalan," katanya.

Ia mengatakan, kebersihan kota itu benar-benar terjaga dengan baik, kedua adalah keindahan itu dapat diperoleh jika semua ruas jalan dapat dihijaukan dengan tanaman. Sehingga dirinya memerintahkan Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) untuk menghijaukan jalan depan masjid At-Taqwa Pancor sampai dengan perempatan jalan Diponegoro.

"Belum ada tanaman di sekitar tempat itu karena hanya ditumbuhi rumput liar dan semak,” katanya.

Ia menilai jika semua tempat sudah bersih namun tidak ditanam pohon, maka kota ini tidak akan menjadi indah. Keasrian akan membuat Kota Selong jadi lebih asri dan indah, karena asri itu bisa tercapai jika keindahan dan kebersihan itu bisa dipelihara dengan baik sepanjang waktu.

“Tugas tim andalan ini menjadikan kota ini bersih,” katanya.

Ia juga mengingatkan supaya para penyapu tidak mengumpulkan sampah di parit atau saluran air tertutup. Ia tidak ingin melihat lubang-lubang parit penuh tumpukan sampah yang akan menimbulkan masalah lain di kemudian hari. Tim andalan kebersihan ini diharapkan mampu menjawab keinginan masyarakat untuk mendapatkan kota yang bersih, indah dan asri.

“Selamat bertugas dan sukses. Insya Allah, Allah akan terus membimbing tugas kita selama kita dekat dengan Allah SWT,” katanya.