Pedoman 'Isobar' kunci jadi pemimpin unggul masa depan

id Pesmaba UMM, Menko PMK, pemimpin unggul

Pedoman 'Isobar' kunci jadi pemimpin unggul masa depan

Pesawat Cessna milik Biru Flying Club UMM yang mengudara di atas ribuan mahasiswa baru (maba) Universitas Muhammadiyah Malang mengibarkan panji-panji UMM saat pembukaan Pesmaba 2022. (ANTARA/HO/UMM/End)

Malang (ANTARA) - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengemukakan bahwa pedoman ibadah, sosialisasi, organisasi, belajar, dan rekreasi (Isobar) menjadi kunci jadi pemimpin unggul di masa depan.

“Saya berharap mahasiswa baru ini memiliki pedoman hidup bernama Isobar. Jika kalian sudah mempersiapkan semuanya sejak dini, saya yakin kalian akan menjadi pemimpin unggul di masa depan,” kata Muhadjir di sela membuka Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) 2022 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di kampus setempat, Senin.

Tahun 2045, kata Muhadjir, merupakan momen emas bagi Indonesia. Di situlah puncak produktivitas dan sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Namun, jika kesempatan itu tidak digunakan dengan maksimal, masa Indonesia emas itu hanya akan menjadi angan-angan belaka.

"Momen Indonesia emas itu berada di tangan kalian. Oleh karenanya, para mahasiswa baru harus membekali diri dengan sungguh-sungguh agar peluang tersebut tidak terlewat begitu saja,” ucapnya.


Untuk meraih target itu, kata Muhadjir, ada lima kemampuan yang harus diasah oleh mahasiswa baru. Keterampilan tersebut mencakup critical thingking, communication skill, creative innovation, collaboration, serta confident.

"Dengan lima kemampuan ini, diharapkan generasi muda bisa menjadi manusia yang unggul, baik di level nasional maupun internasional," ujarnya. Sementara itu, Rektor UMM Dr Fauzan menjelaskan bahwa Kampus Putih UMM memiliki program bernama UMM Pasti. Program ini dilaksanakan untuk mendorong kelulusan mahasiswa tepat waktu.

Selain itu, UMM Pasti juga dirancang untuk memberikan kemandirian pada para lulusan UMM melalui salah satu programnya, yaitu Centre of Excellence (CoE) berbasis Program Studi (Prodi).

Baca juga: Pemerintah berupaya deklarasi bersama pengurangan risiko bencana
Baca juga: Jika jadi endemi penanganan COVID-19 seperti penyakit biasa


“CoE ini merupakan gambaran dari masa depan. Program ini pula yang menjadikan UMM sebagai Center for Future of work (CFW). Melalui terobosan inilah, mahasiswa dapat mengembangkan potensi diri sekaligus menjawab tantangan terkait SDM di masa yang akan datang. Mari bersama-sama memajukan tekad untuk menjadi mahasiswa yang cakap dan unggul, sehingga bisa mewujudkan Indonesia emas 2045,” ujar rektor.

Dalam Pesmaba UMM 2022 yang diikuti sekitar 7.500 mahasiswa baru itu diwarnai dengan hadirnya pesawat Cessna milik Biru Flying Club UMM dan empat penerbang paramotor berlalu lalang, panji-panji UMM berkibaran di udara.

Selain menghadirkan pesawat Cessna, pembukaan Pesmaba 2022 juga diisi dengan flashmob dan flashlight mob. Sebanyak 11 formasi flashmob dilakukan para mahasiswa baru, mulai dari logo universitas sampai ucapan selamat muktamar ke-48 dalam empat bahasa, yaitu bahasa Mandarin, Inggris, Jawa, dan Indonesia.*