Tim Robotik asal Lombok Timur juara pertama Kejurnas 2022

id Lombok Timur ,Robotik

Tim Robotik asal Lombok Timur juara pertama Kejurnas 2022

Tim Robotik MTs Negeri I Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat saat berfoto bersama Sekda Lombok Timur, M Juaini Taofik (tengah). (ANTARA/Istimewa)

Selong, Lombok Timur (ANTARA) - Tim Robotik Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat meraih juara pertama pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Robotik yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

"Pada Kejurnas Robotik kali ini, MTs Negeri 1 Lombok Timur berhasil meraih juara 1 tingkat nasional dengan tema Robot Sumo," kata Sekda Lombok Timur, M. Juaini Taofik di Selong, Kamis.

Ia mengatakan, MTs Negeri 1 Lombok Timur ini juga pernah meraih juara ketiga tingkat nasional di Universitas Udayana, Bali. Ia memberi apresiasi atas prestasi yang sudah diraih oleh Tim Robotik yang berjumlah enam orang itu dan ia berharap prestasi mereka bisa menjadi pemicu maupun semangat untuk berkarya bagi siswa lainnya.

“Semangatnya bisa diambil, mudah-mudahan lomba ini bisa ditradisikan beserta lomba-lomba lainnya,” kata Sekda di ruang kerja sewaktu menerima kunjungan rombongan Kepala Sekolah MTs Negeri 1 Lombok Timur beserta jajarannya.

Baca juga: ABB tawarkan solusi pabrik robotik sambut revolusi otomotif

Ia juga berharap agar semangat anak-anak itu tidak pupus, sehingga nanti tidak hanya mengikuti lomba tingkat nasional tetapi juga sampai ke tingkat internasional. Sehingga pembinaan dan pelatihan harus terus ditingkatkan, supaya bisa mempertahankan juara yang telah didapatkan dalam kejuaraan nasional tersebut.

"Latihan harus terus ditingkatkan, jangan pernah puas dengan prestasi yang telah diraih," katanya.

Sementara itu, Guru Pendamping Tim Robotik MTs Negeri 1 Lombok Timur, Intan Rolystiana Devi mengatakan, para siswa tersebut menyelesaikan pembuatan robot selama satu bulan. Ia berharap agar siswanya bisa meraih juara kembali, tidak hanya di tingkat nasional tetapi sampai kancah Internasional.

"Kami berharap adanya dukungan dari pemerintah daerah maupun semua pihak, sehingga prestasi ini bisa dipertahankan kembali ke depannya," katanya.