27.000 PESERTA SNMPTN PEREBUTKAN 1.900 KURSI UNRAM

id

     Mataram, 4/6 (ANTARA) - Sebanyak 27.000 peserta seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur ujian tertulis akan bersaing memperebutkan 1.900 kursi yang tersedia di Universitas Mataram (Unram), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

     "Jumlah pendaftar SNMPTN pada 2012 melalui jalur ujian tertulis yang memilih Unram mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu sebanyak 24.288 orang," Ketua Panitia Lokal 65 SNMPTN wilayah Kota Mataram, NTB Prof Lalu Wira Sapta Karyadi, di Mataram, Senin.

     Menurut dia, para peserta SNMPTN jalur ujian tertulis yang berminat melanjutkan studi di Unram, tidak hanya akan mengikuti tes yang akan digelar di Kota Mataram, tetapi juga di perguruan tinggi negeri (PTN) lain yang ada di luar NTB.

     Jumlah PTN di Indonesia yang akan menggelar SNMPTN jalur ujian tertulis pada 12-13 Juni 2012 sebanyak 60 PTN dan terbagi dalam empat wilayah yaitu wilayah I meliputi PTN yang ada di wilayah Sumatera, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Kalimantan Barat.

     Untuk wilayah II meliputi PTN yang ada di wilayah Jawa Tengah, dan Yogyakarta dan wilayah III meliputi PTN di wilayah Jawa Timur, Bali, NTB, Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan (kecuali Kalimantan Barat.

     "Untuk wilayah IV meliputi PTN yang ada di wilayah Sulawesi, Maluku, Ambon, Irian Jaya dan Papua Barat," katanya.

     Khusus untuk peserta SNMPTN yang mengikuti ujian tertulis di Kota Mataram, kata Wira, jumlahnya mencapai 11.800 orang dengan pilihan tidak hanya Unram tetapi juga PTN lain yang ada di Indonesia.

     Jumlah peserta SMPTN jalur tertulis yang mengikuti ujian di Unram pada 2012 meningkat sekitar 11 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 10.667 orang.

     Dalam pelaksanaan SNMPTN jalur ujian tertulis di Kota Mataram, kata dia, pihaknya melibatkan sebanyak 1.060 orang pengawas yang berasal dari dosen Unram dan dosen yang kampusnya digunakan untuk ujian tertulis seperti Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Mataram serta dosen Akademi Manajemen dan Ilmu Komputer (AMIKOM) Mataram.

     Tenaga pengawas ruang ujian juga berasal dari guru yang sekolahnya dipakai sebagai lokasi penyelenggaraan SNMPTN seperti Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Mataram, MAN 1 Mataram, SMA 3 Mataram.

     "Para pengawas itu nantinya ditempatkan di ruang ujian yang  jumlahnya mencapai 471 ruangan yang tersebar di Unram, sekolah dan instansi pemerintah yang ada di Kota Mataram," ujarnya.

***3***