Hujan deras akibatkan banjir bandang di Borobudur

id bajir, longsor, borobudur

Hujan deras akibatkan banjir bandang di Borobudur

Para relawan berupaya menyingkirkan material longsor di Dusun Kenalan III, Desa Kenalan, Kecamatan Borobudur, Magelang, Selasa (11/10/2022). ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Magelang

Magelang (ANTARA) - Hujan deras yang terjadi di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada Selasa, telah mengakibatkan banjir bandang dan tanah longsor di Dusun Kenalan III, Desa Kenalan, Kecamatan Borobudur.

Kepala Desa Kenalan, Kecamatan Borobudur, Agus Waluyo di Magelang, mengatakan kejadian tersebut mengakibatkan dua rumah rusak, 11 ekor kambing dan 17 ekor itik tertimbun material longsor.

Ia menyampaikan material longsor tersebut diduga berasal dari dusun di atasnya. "Banjir serta tanah longsor yang ditimbulkan di lingkungan Dusun Wonolelo diduga mengakibatkan banjir bandang di Kenalan III," katanya.

Baca juga: BPBD Mataram mengingatkan warga di pinggir sungai waspada banjir
Baca juga: Polres Sumbawa membantu korban banjir bandang

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang Edi Wasono mengatakan, bencana terjadi sekitar pukul 13.00 WIB.Ia menyebutkan dua rumah rusak milik Sri Asih dan Kabito, kemudian kandang kambing rusak berat milik Sadiman. Selain itu, banjir juga memutuskan jaringan pipa paralon untuk pengairan satu dusun.