Indonesia berpeluang mendulang tiga gelar di ITF Junior

id tenis,ITF Junior,ITF J5 Jakarta,Sportama Junior International Championships 2022

Indonesia berpeluang mendulang tiga gelar di ITF Junior

Petenis putri Indonesia Kholisa Siti Maisaroh beraksi dalam Sportama Junior International Championships 2022 di lapangan keras The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Sabtu (15/10/2022). (ANTARA/instagram.com/tenisindonesia)

Jakarta (ANTARA) - Indonesia sebagai tuan rumah turnamen berpeluang mendulang tiga gelar juara Sportama Junior ITF J5 Jakarta setelah tiga petenis Tanah Air berhasil melewati babak semifinal, Sabtu.

Petenis putri andalan Indonesia Kholisa Siti Maisaroh masuk babak akhir di nomor tunggal dan ganda ajang yang berlangsung di lapangan keras The Sultan Hotel & Residence Jakarta itu. Pada laga semifinal, Kholisa menang atas unggulan kedua asal Taiwan, Chia Ying Lu 6-2, 6-3. Pada laga pamungkas, Minggu, petenis berusia 16 tahun, yang menempati posisi unggulan keempat itu akan kembali berhadapan dengan wakil Taiwan Yuyun Chen.

"Saya optimistis bisa merebut gelar juara tunggal. Minggu lalu di Surabaya, saya mengalahkannya di babak kedua," ujar Kholisa dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Petenis asal Kudus, Jawa Tengah itu juga punya asa memborong gelar juara nomor ganda berpasangan dengan petenis Korea Selatan Sim Hye Won.

Duet Kholiisa/Sim telah berjibaku berburu gelar juara meladeni ganda Jepang, Uta Asakura/Yu Kikawa, Sabtu. Namun pertandingan harus ditunda karena hujan mengguyur kawasan Senayan, Jakarta, ketika Kholisa/Sim kehilangan set pertama, 4-6.

Tim Merah Putih pun memiliki peluang besar berdiri di podium tertinggi tunggal putra lewat ayunan raket Claudio Renardi Lumanauw. Pada babak empat besar, Claudio membabat petenis Swiss Noah Karma 6-4, 6-3. Selanjutnya, pada laga akhir, petenis berusia 18 tahun itu akan meladeni andalan Vietnam, Minh Tuan Dinh Viet. "Ya, pasti ingin bisa juara lagi seperti Minggu lalu di Surabaya," kata Claudio.

Sportama Junior International Championships 2022 menjadi turnamen penutup dari enam kejuaraan junior internasional di Indonesia tahun ini. Sebelumnya, lima turnamen junior internasional telah digelar di Indonesia tahun ini, yaitu ITF J5 Yogyakarta pada 16-21 Mei 2022, ITF J5 Yogyakarta pada 23-28 Mei 2022, ITF J4 Jakarta pada 28 Juni - 3 Juli 2022, ITF J4 Jakarta pada 4-9 Juli 2022, dan ITF J5 Surabaya pada 4-9 Oktober 2022.

Baca juga: Priska Nugroho yakin melaju ke final ITF W60 Monastir
Baca juga: Kholisa melengang ke semifinal tunggal dan ganda ITF Junior


Pada turnamen junior internasional J5 pekan lalu atau juga disebut ITF Widjojo Soejono, yang digelar di lapangan Kodam V/Brawijaya Surabaya, tuan rumah menyapu gelar tunggal putra dan putri.

Pada babak final, Kholisa Siti Maisaroh menang atas unggulan teratas asal Jepang Yu Kikawa 7-5, 6-3. Sementara, Claudio Renardi Lumanauw unggul atas petenis Taiwan Chieh En Hou dengan skor 7-5, 7-5.