PON (UMUM) - NTB TINGKATKAN BONUS ATLET BERPRESTASI

id

     Mataram, 10/8 (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mendorong Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk meningkatkan bonus bagi atlet yang berprestasi di Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII akan berlangsung 9-20 September 2012 di Pekanbaru, Riau.

     "Kami dorong peningkatan bonus, dan dipastikan nilainya akan lebih banyak dari periode PON sebelumnya," kata Wakil Gubernur NTB H Badrul Munir, usai acara buka puasa bersama di Kantor PT Daerah Maju Bersaing (DMB), di Mataram, Jumat.

     Badrul yang didampingi Ketua KONI NTB H Muhammad Said Kasdiono, mengatakan, peningkatan bonus itu dimaksudkan agar para atlet PON NTB dapat mengukir prestasi yang membanggakan.

     Dengan demikian, bonus yang disediakan untuk atlet PON NTB melebihi Rp60 juta/orang bagi atlet peraih medali emas yang diterima usai PON XVII/Kalimantan Timur, 6-17 Juli 2008.

     "Bonus untuk atlet tetap menjadi perhatian serius dan akan ditingkatkan nilainya. Minimal lebih banyak dari PON lalu," ujar Badrul diamini Ketua KONI Kasdiono.

     Sejauh ini, atlet PON NTB sudah siap berlaga di arena setelah pemusatan latihan daerah (Pelatda) untuk 18 cabang olah raga (Cabor) yang telah lolos PON.

     Selama Pelatda para atlet akan digembleng mental, fisik  dan teknik oleh masing-masing pelatih cabor, sehingga pada saatnya nantinya benar-benar siap berlaga dan mampu menyumbangkan medali.

     Dari 18 cabor, enam cabor unggulan diharapkan mampu mendulang emas pada PON 2012, adalah atletik, voli pasir, pencak silat, tinju, tarung derajat dan kempo. Selain itu ada sejumlah cobor potensial menyumbang medali, seperti gantole.

     KONI NTB optimistis target 10 emas di PON Riau 2012 dapat diraih karena atlet NTB telah meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional.

     Untuk cabor atletik khususnya nomor lari 1.500 meter putra, misalnya, Ridwan berhasil menyumbangkan medali emas untuk tim nasional pada Sea Games 2011, sementara Adrian pada nomor 400 gawang putra mempersembahkan perunggu.

     Sedangkan Dwi Lantari pada nomor tolak peluru berhasil menempati peringkat kelima pada Sea Games.

     Sementara empat atlet di cabor atletik juga potensial menyumbang medali pada PON mendatang, yakni Fadlin, Afaturrahman, Arif Rahman dan Iswandi beberapa kali meraih medali di Kejurnas pada nomor 4X400 meter putra.

     Demikian pula Nurul Imaniar, Mariati, Supiati dan Rostina meraih emas pada Kejurnas Atletik 2011 di Jakarta belum lama ini.

     Pada ajang bergengsi tingkat internasional Se Games itu  Maryati berhasil menyumbang perak untuk tim nasional dan di cabor Kempo Putri K  pada Sea Games turun berpasangan dengan atlet Jawa Barat.   

     Disamping itu pada cabor voli pasir Dita yang berpasangan dengan atlet Jawa Timur berhasil mempersembahkan medali perak untuk tim nasional. (*)