ANTARA kembali meningkatkan kapasitas UMKM di kaki Gunung Rinjani

id ANTARA ,Sembalun,UMKM

ANTARA kembali meningkatkan kapasitas UMKM di kaki Gunung Rinjani

Acara pelatihan bagi UMKM di kaki Gunung Rinjani, Sembalun, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/HO-Pegawai Antara biro NTB)

Selong, Lombok Timur (ANTARA) - Perum LKBN ANTARA kembali memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM di kaki Gunung Rinjani, Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Rabu.

Pelatihan yang bertajuk "Digital Marketing Pengenalan Menggunakan Media Sosial Instagram” yang diberikan merupakan sesi lanjutan ketiga dengan narasumber Khaerul Arkam, Admin Media Sosial ANTARA Biro NTB.

Pelatihan yang diberikan sebelumnya bertajuk “Strategi Pengelolaan Produk dan Keuangan Bisnis Viral” pada 29 September 2022 dan “Pelatihan Dasar Pemasaran Bagi Pelaku UMKM” pada 19 Agustus 2022.

“UMKM merupakan garda terdepan kebangkitan ekonomi nasional, harapan kami pelaku UMKM di Sembalun dapat menambah kapasitasnya melalui pelatihan yang kami fasilitasi dalam memasarkan produknya secara online dan pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan UMKM itu sendiri," kata Sekretaris Perusahaan Perum LKBN ANTARA Iswahyuni saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu.

Iswahyuni mengatakan ANTARA telah memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM di Sembalun secara berkelanjutan, yang merupakan komitmen perusahaan untuk dapat terus meningkatkan kapasitas mereka melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bidang sosial.

Kegiatan itu diharapkan dapat meningkatkan promosi produk para pelaku UMKM secara digital melalui media sosial yang memiliki jangkauan luas baik lokal, nasional sampai mancanegara, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi UMKM Sembalun untuk memiliki pelanggan baru dan meningkatkan penjualan.

“Saya merasa sangat bersyukur sekali dapat mengikuti pelatihan kali ini, sebelumnya tidak memiliki pengetahuan dalam memposting produk di sosial media, tapi dengan pelatihan ini saya ada rasa percaya diri untuk mempromosikan produk kopi Loka dan produk UMKM lainnya,’ ujar Armasi dari Kelompok Tani Lembah Sembalun dengan merk produk Kopi Loka.

“Ke depannya kami berharap pelatihan yang dilaksanakan dapat menghadirkan narasumber, sehingga kita bisa praktek dan sharing secara langsung. Terima kasih kepada ANTARA sudah membantu kami khususnya saya untuk memberikan pelatihan-pelatihan yang sesuai dan kami butuhkan,” katanya.

Sementara itu Julius dari kelompok Karya Muda Lestari dengan produk olahan Jambu Mete menyampaikan rasa terima kasih kepada ANTARA telah memfasilitasi UMKM di Sembalun melalui pelatihan-pelatihan baik yang sebelumnya telah diberikan dan pelatihan lanjutan ke depannya.

“Terima kasih kepada ANTARA yang telah memfasilitasi pelatihan ini sehingga ilmu dan pemahaman kami tentang pemasaran digital melalui media sosial semakin bertambah, untuk ke depannya semoga tetap menyelenggarakan pelatihan-pelatihan di kecamatan Sembalun sehingga kami dapat terus belajar untuk meningkatkan penjualan produk olahan kami,” katanya.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: ANTARA kembali tingkatkan kapasitas UMKM di kaki Gunung Rinjani