Bupati Lombok Tengah meminta guru berinovasi

id Hari Guru,Lombok Tengah

Bupati Lombok Tengah meminta guru berinovasi

Bupati Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, H Lalu Pathul Bahri (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Bupati Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, H Lalu Pathul Bahri meminta semua guru untuk berinovasi guna meningkatkan mutu pendidikan di daerah setempat.

"Bukan hanya guru yang terus didorong untuk berubah. Pemerintah juga memacu diri untuk berinovasi dalam memberikan layanan terbaik bagi pendidik dan peserta didik," katanya saat acara peringatan Hari Guru Nasional 2022 di Kantor PGRI Lombok Tengah, Sabtu.

Ia mengatakan, kebiasaan lama yang tidak lagi sesuai dengan tantangan dan kebutuhan zaman harus diubah. "Semangat untuk terus berinovasi, menciptakan perubahan dan kebaruan yang membawa kita melompat ke masa depan," katanya.

"Mungkin di antara kita sampai hari ini masih ada yang ragu untuk melakukan perubahan dalam proses pembelajaran di kelas atau dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin satuan pendidikan," kata dia.

Ia mengatakan, pada dasarnya tidak ada perubahan yang membuat semuanya nyaman, jika masih nyaman, itu artinya tidak berubah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah meluncurkan platform Merdeka Mengajar pada awal tahun ini.

"Platform itu dirancang untuk memenuhi kebutuhan guru akan ruang untuk belajar, berkarya, dan berkolaborasi," katanya.

Platform tersebut dibuat berdasarkan kebutuhan yang ada di lapangan, bukan berdasarkan keinginan pemerintah. Dalam platform Merdeka Mengajar, guru bisa mengakses modul pembelajaran dengan gratis, mengunggah dan membagikan konten-konten praktik baik pembelajaran, dan terkoneksi dengan rekan sesama guru dari daerah lain.

"Itu adalah perubahan besar cara kerja guru," katanya.