Lombok Care: Hari Disabilitas Internasional momentum tingkatkan solidaritas

id Hari Disabilitas Internasional,Lombok Care,Disabilitas ,Inklusi,Lombok,Apip Sutardi

Lombok Care: Hari Disabilitas Internasional momentum tingkatkan solidaritas

Istimewa

Salah satunya kepedulian dari semua pihak atas isu disabilitas dan inklusi
Mataram (ANTARA) - Lombok Care, sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat yang fokus pada isu Disabilitas dan Inklusi di Pulau Lombok, mengharapkan Hari Disabilitas Internasional momentum untuk meningkatkan solidaritas.

"Salah satunya kepedulian dari semua pihak atas isu disabilitas dan inklusi, seperti pemerintah daerah setempat agar segera mengeluarkan peraturan daerah (perda) tentang isu tersebut," kata Apip Sutardi, pengelola Lombok Care di sela-sela acara peringatan HDI dengan tema "Power of Love", di Sandik, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Minggu.

Apip menyebutkan pentingnya perda tersebut diharapkan mengatur dari sarana dan prasarana, sampai relawan dan pendanaan bagi penyandang disabilitas.

Ia mengharapkan Hari Disabilitas Internasional menjadi solusi transformatif untuk pembangunan inklusif. "Peran inovasi dalam mendorong dunia yang dapat diakses dan adil," katanya.

Sebelumnya, Dinas Sosial Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat menyebutkan anggaran bantuan untuk penyandang disabilitas pada tahun 2023 naik menjadi hampir Rp400 juta dari tahun 2022 sekitar Rp137 juta.

Pejabat Fungsional Layanan Penyandang Disabilitas Dinas Sosial Kota Mataram Zulfa Nur Azizah mengatakan kenaikan anggaran untuk penyandang disabilitas itu untuk pemberian bantuan bagi penyandang disabilitas yang tidak terakomodasi program pemerintah pusat.

"Alokasi anggaran Rp400 juta dari APBD Kota Mataram itu khusus untuk layanan peningkatan nutrisi dan kesehatan penyandang disabilitas," katanya.

Sedangkan untuk program pelatihan dan edukasi, seperti tahun-tahun sebelumnya tidak ada lagi. "Aturannya sudah beda, jadi untuk program di Dinsos fokus ke nutrisi dan kesehatan bagi penyandang disabilitas," katanya.

Lebih jauh Zulfa mengatakan tingginya kenaikan alokasi anggaran untuk layanan penyandang disabilitas tersebut, sebagai upaya Pemerintah Kota Mataram mencapai target standar pelayanan minimal (SPM) 100 persen.

"Insya Allah, dengan anggaran tersebut kita bisa berbuat lebih banyak untuk para penyandang disabilitas," katanya.

Sementara itu, dalam acara Power of Love HDI yang digelar oleh Lombok Care menghadirkan musisi Jhon Kursi Roda, Ervin Ranisa, dan Lombok Care's Kids Squad.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Lombok Care: Hari Disabilitas momentum tingkatkan solidaritas
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2023