56 Casis Tamtama PK Gelombang I Lanud ZAM ikuti tes kesamaptaan jasmani

id Casis Tamtama ,tes kesamaptaan jasmani,Lanud Zam,TNI AU,Kolonel Pnb RE Kargono ,Danlanud ZAM Kolonel Pnb RE Kargono

56 Casis Tamtama PK Gelombang I Lanud ZAM ikuti tes kesamaptaan jasmani

Sebanyak 56 calon siswa (Casis) Tamtama Prajurit Karir Gelombang I Tahun Anggararan 2023 dari Panda Lanud TGKH M Zainudin Abdul Madjid (ZAM), Rabu (11/1), mengikuti tes kesamaptaan jasmani di Lapangan Trisula Yonif 742/SWY, Mataram. 

Mataram (ANTARA) - Sebanyak 56 calon siswa (Casis) Tamtama Prajurit Karir Gelombang I Tahun Anggararan 2023 dari Panda Lanud TGKH M Zainudin Abdul Madjid (ZAM), Rabu (11/1), mengikuti tes kesamaptaan jasmani di Lapangan Trisula Yonif 742/SWY, Mataram. 

Kegiatan tersebut berupa tes samapta A yaitu lari selama 12 menit, kemudian samapta B yang terdiri dari push up, sit up, pull up, shuttle run, dan dilanjutkan renang.

Komandan Lanud TGKH ZAM, Kolonel Pnb RE Kargono SM MHan mengatakan samapta tersebut bertujuan untuk mengetahui secara umum kemampuan fisik.

Sehingga diharapkan para calon prajurit selain memiliki nilai akademis dan kesehatan yang baik, juga harus ditunjang fisik yang prima untuk menjadi prajurit TNI AU.

Sebelumnya dilaksanakan pengecekan kesehatan kepada calon prajurit oleh tim kesehatan Lanud zam. 

Diharapkan, kata dia, pengecekan kesehatan ini dapat mengurangi risiko baik insiden atau insiden dalam pelaksanaan samapta.

"Hasil tes samapta tiap-tiap peserta merupakan hasil asli dan murni bukan rekayasa, dalam arti tidak ada satu orang pun peserta yang dipaksakan untuk lulus agar dapat mengikuti proses seleksi berikutnya," katanya. 

Hal ini merupakan upaya reformasi birokrasi yaitu tidak lagi mengenal KKN (Kolusi, Korupsi dan Nepotisme) dalam proses rekrutmennya, katanya.