Personel TNI Lanud ZAM Lombok menggelar ground Handling Paralayang

id paralayang ,Lanud ZAM paralayang,Lanud ZAM ground Handling Paralayang,Pordirga

Personel TNI Lanud ZAM Lombok menggelar ground Handling Paralayang

Anggota Lanud ZAM saat menggelar latihan paralayang (ANTARA/Humas Lanud ZAM)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Personel TNI Lanud TGKHM Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) Lombok, Nusa Tenggara Barat melaksanakan latihan ground handling di lapangan sepak bola Dirgantara guna asah kemampuan dan ketrampilan paralayang.

"Ground handling merupakan pelatihan dasar dalam paralayang," kata Komandan Lanud TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid (ZAM), Kolonel Pnb R. E. Kargono dalam keterangan tertulisnya di Mataram, Selasa.

Ia mengatakan, ground handling dilakukan di darat yang diawali dengan kegiatan mengatur gerakan tangan dan bantuan alat simulasi sederhana. Setelah gerakan dasar dikuasai, langkah selanjutnya adalah latihan darat dengan menggunakan parasut yang sesungguhnya, untuk menerapkan langkah awal pada alat yang sesungguhnya.

"Kegiatan ini dilakukan pada tanah lapang yang luas, namun belum mencapai tahap untuk terbang," katanya.

Paralayang adalah olahraga terbang bebas dengan menggunakan sayap kain (parasut) yang lepas landas dengan kaki untuk tujuan rekreasi atau kompetisi.

Induk organisasinya adalah FASI (Federasi Aero Sport Indonesia) dimana paralayang merupakan PORDIRGA (Persatuan Olahraga Dirgantara) yang berada dibawah naungan FASI. Lanud TGKHM ZAM juga merupakan pengurus FASIDA Nusa Tenggara Barat.

"Untuk menjadi atlet paralayang harus mempunyai lisensi," katanya.

Ia mengatakan, tahapan lisensi harus melakukan serangkaian latihan dan harus lulus ujian teori dan praktik. Jika seseorang tidak mempunyai lisensi terbang seseorang tersebut bisa terbang sebagai penumpang tandem.

" Apabila seorang pilot tidak mempunyai lisensi ataupun lisensinya masa aktifnya sudah habis maka pilot dilarang untuk terbang," katanya.