Pemkab Lombok Tengah mendukung pelaksanaan Kampus Merdeka Belajar

id Kampus merdeka belajar di Lombok Tengah

Pemkab Lombok Tengah mendukung pelaksanaan Kampus Merdeka Belajar

Acara penandatanganan nota kesepahaman Pemkab Lombok Tengah dan Universitas Pendidikan Mandalika (Undikma) Mataram, Nusa Tenggara Barat di kantor bupati setempat, Rabu (25/1/2023) (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Universitas Pendidikan Mandalika (Undikma) Mataram, NTB untuk mendukung program Kampus Merdeka Belajar melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Dengan adanya MoU (Memorandum of Understanding) ini maka nantinya Undikma akan membantu kita dalam hal pengembangan sektor pertanian, pariwisata, dan pendidikan," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah Taufikurahman di Praya, Rabu.

Sebanyak tiga sektor ini dikembangkan dengan melibatkan masyarakat untuk pemberdayaan dengan memberikan berbagai program pelatihan.

Pihak Undikma sudah melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Bupati Lombok Tengah untuk mengembangkan sektor pertanian, pendidikan, dan pariwisata.

"Nantinya masing-masing dekan di Undikma akan berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) yang membidangi tiga bidang itu," katanya.

Ia mencontohkan di pertanian nantinya pihak Undikma memberikan edukasi kepada petani dan peternak berkaitan dengan pengelolaan produk dari bahan dasar hewani atau pembinaan petani.

Selain itu, tentang upaya menjaga kesehatan hewan dan peluang masyarakat mengakses pendidikan untuk profesi dokter hewan di Undikma.

"Tidak hanya dari segi pertanian, namun pihak Undikma juga nantinya akan memberikan edukasi kepada pelaku pariwisata kaitan dengan standarisasi  kelompok sadar wisata (Pokdarwis)," katanya.

Selain itu, dukungan perbaikan sumber daya manusia terhadap para pelaku pariwisata dan berbagai program guna menunjang sektor pariwisata yang saat ini terus mengalami perkembangan pesat.

“Termasuk ada rencana pemberian beasiswa untuk tahfiz Al Quran dan berbagai program lainnya yang akan dilakukan oleh Undikma," katanya.

Oleh karena itu, pemerintah daerah akan memfasilitasi berbagai hal, misalkan di bidang pertanian salah satunya menyediakan lokasi praktik bagi fakultas kedokteran hewan dan memfasilitasi tenaga ahli dari Undikma untuk mendukung kesehatan hewan di Lombok Tengah.

Berbagai program yang sudah dituangkan dalam nota kesepahaman ini mulai dilakukan tahun ini, sedangkan ke depan dengan berbagai program yang sudah dirancang diharapkan membuat sektor pertanian, pendidikan, dan pariwisata terus mengalami perkembangan pesat untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Jadi dosen dari Undikma yang akan turun memberikan edukasi kepada masyarakat kita dengan mencanangkan berbagai program dalam bidang pertanian, pendidikan, dan pariwisata ini. Hal ini sejalan dengan apa yang selama ini dicanangkan oleh pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.