BOBBY CHARLTON DAPAT PENGHARGAAN DARI UEFA

id

London, (ANTARA) - Bobby Charlton akan menerima penghargaan Presiden UEFA karena kontribusinya kepada sepak bola Eropa sebelum pertandingan semifinal Liga Champion antara Manchester United (MU) dan Arsenal pada Rabu waktu setempat.

Presiden UEFA Michel Platini sendiri yang akan menyerahkan penghargaan tersebut kepada Charlton dalam suatu upacara saat makan siang di Old Trafford, demikian dikutip dari Reuters.

Charlton pernah bermain untuk MU sejak 1953 hingga 1973, dan pernah juga dinobatkan sebagai pemain terbaik pada 1966 ketika dia menjadi anggota tim MU saat memenangi Piala Eropa pada 1968.

Dia juga telah bermain sebanyak 106 pertandingan untuk timnas Inggris dimana Inggris memenangi Piala Dunia pada 1966 dan masih memegang rekor gol internasional negaranya dengan 49 gol.

"Sir Bobby mewakili semuanya yang baik tentang pertandingan sepak bola, fair play, hormat, dan loyal dan dia menjadi contoh baik bagi generasi mendatang baik di luar maupun di dalam lapangan,` kata Platini.

Setelah menjadi presiden UEFA pada 2007, Platini memutuskan bahwa dirinya ingin memberi pengakuan kepada para pemain melalui penghargaan yang diberikannya yang dilakukannya pertamakali tahun lalu saat memberi penghargaan kepada Alfredo Di Stefano, mantan pemain Real Madrid yang mencetak gol dalam lima putaran final pertama Piala Eropa bagi Real Madrid, dimana seluruhnya mereka menangi.(*)