Perpustakaan Mataram bakal beri penghargaan pengunjung taman baca

id taman baca,mataram,Diarpus

Perpustakaan Mataram bakal beri penghargaan pengunjung taman baca

Seorang warga berjalan di depan Taman Baca Udayana Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (FOTO ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat akan memberikan penghargaan kepada pengunjung yang paling sering datang ke taman bacaan di kota tersebut dalam upaya meningkatkan kunjungan.

Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Mataram (Diarpus) Jemmy Nelwan di Mataram, Jumat, mengatakan pemberian penghargaan ini merupakan salah satu upaya kami untuk menarik minat masyarakat untuk datang ke taman bacaan sekaligus menumbuhkan minat baca masyarakat.

“Kami masih menyiapkan konsep seperti apa dan kapan penghargaan itu akan diberikan. Prinsipnya, kami berharap ini bisa memotivasi masyarakat untuk mengoptimalkan keberadaan taman bacaan tersebut,” ujarnya.

Ia menjelaskan ketiga taman bacaan di Mataram itu adalah Taman Bacaan Sangkareang, Udayana, dan Loang Baloq. Khusus Taman Baca Sangkareang buka setiap hari.

Sedangkan di Udayana dan Loang Baloq buka setiap akhir pekan (Sabtu dan Minggu), karena petugas yang menjaga taman baca masih terbatas hanya dua orang.

“Kalau kita buka tiga taman bacaan setiap hari, staf kita akan berkurang,” ujarnya.

Menurutnya, di Taman Bacaan Sangkareang, jumlah pengunjung per hari di tiga taman baca yang sudah selesai saat ini sekitar 10-15 orang. Begitu juga di Taman Baca Udayana dan Loang Baloq yang buka setiap akhir pekan.

Selain itu, untuk meningkatkan kunjungan ke setiap taman bacaan, Diarpus melaksanakan program kunjungan bagi anak sekolah khususnya anak TK/RA dan PAUD dengan tema having fun di perpustakaan.

“Upaya menarik minat pengunjung terhadap koleksi buku di setiap taman bacaan rutin diganti dengan total koleksi di setiap taman bacaan sebanyak 2.000 eksemplar,” ujarnya.

Ke depannya, lanjut Jemmy, taman bacaan tersebut akan diperbanyak untuk meningkatkan minat baca masyarakat Kota Mataram. Beberapa lokasi yang sudah mulai diincar taman bacaan selanjutnya adalah Taman Selagalas dan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Mal Mataram.

"Kami akan bekerja sama dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dispekim) atau Kantor Lingkungan Hidup RTH Selagalas, sedangkan di MPP kami berkoordinasi dengan Dinas Perizinan," demikian Jemmy Nelwan .