Jayapura hadirkan layanan perpustakaan di 80 kampung

id perpustakaan jayapura,taman baca kampung,layanan perpustakaan

Jayapura hadirkan layanan perpustakaan di 80 kampung

Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jayapura Rudi Julius Sokoy. (ANTARA/Yudhi Efendi)

Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Jayapura di Provinsi Papua menghadirkan layanan perpustakaan di 80 kampung yang tersebar di 14 distrik di wilayahnya. Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jayapura Rudi Julius Sokoy menyampaikan bahwa layanan perpustakaan disediakan di taman-taman baca di kampung.

"Kami sudah turun ke 139 kampung, tetapi dengan keterbatasan yang ada maka saat ini baru bisa fokus ke 80 kampung untuk memberikan dukungan buku-buku sekolah dan buku pengetahuan umum," katanya di Sentani, Minggu.

Ia mengatakan bahwa pengelola perpustakaan kampung juga mendapat kesempatan untuk menjalani pelatihan di tingkat daerah maupun tingkat nasional. Menurut dia, pelatihan pengelolaan perpustakaan telah diberikan kepada pengelola perpustakaan di delapan kampung.

"Tujuannya supaya mereka bisa mengatur manajemen perpustakaan yang baik di kampung, supaya menjadi sumber ilmu bagi generasi muda Papua," katanya.

Julius mengatakan bahwa perpustakaan kampung antara lain mendapat bantuan buku dan peralatan kerja dari Perpustakaan Nasional. Selain tersedia di kampung-kampung, taman baca juga tersedia di lingkungan Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jayapura. "Ini menjadi program tetap kami tahun ini maupun tahun depan, untuk menggairahkan pegawai, masyarakat, pelajar untuk gemar membaca," kata Julius.

Baca juga: Puluhan siswa di Kota Mataram ikuti pelatihan literasi jurnalistik
Baca juga: Polda Sultra distribusikan ribuan buku ke desa


"Buku itu sumber inspirasi bagi semua kalangan... membaca dapat membuat kita atau siapa saja mengenal dunia, mengetahui informasi terkini, baik yang terjadi di sini maupun secara global," ia menambahkan.