KPU NTB segera tetapkan perolehan kursi dan caleg terpilih DPRD

id KPU NTB segera tetapkan perolehan kursi dan caleg terpilih DPRD

KPU NTB  segera tetapkan perolehan kursi dan caleg terpilih DPRD

KPU Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) segera menggelar pleno penetapan perolehan kursi jumlah kursi untuk parpol peserta pemilu, dan calon terpilih anggota DPRD provinsi periode 2014-2019. (Hasil Pemilu Legislatif 2014)

"Pleno itu dijadwalkan Senin (12/5) di Hotel Lombok Raya Mataram," kata Ketua KPU NTB Lalu Aksar Anshori.
Mataram (Antara Mataram) - KPU Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) segera menggelar pleno penetapan perolehan kursi jumlah kursi untuk parpol peserta pemilu, dan calon terpilih anggota DPRD provinsi periode 2014-2019.

"Pleno itu dijadwalkan Senin (12/5) di Hotel Lombok Raya Mataram," kata Ketua KPU NTB Lalu Aksar Anshori, yang dihubungi di Mataram, Sabtu.

Ia mengatakan, pleno penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih itu diagendakan sesuai jadwal pelaksanana pemilu legislatif 2014.

Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih tingkat nasional hingga kabupaten/kota dijadwalkan 11 Mei sampai 18 Mei 2014.

"KPU provinsi menetapkan kursi dan caleg terpilih DPRD NTB, dan KPU kabupaten/kota di 10 daerah otonom di NTB menetapkan untuk DPRD kabupaten/kota," ujarnya.

Untuk DPRD kabupaten/kota, sejumlah kabupaten menggelar pleno pada Minggu (11/5), namun sebagian besar akan digelar pada Senin (12/5).

"Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar, agar KPU dapat berkonsentrasi pada pelaksanaan pemilu presiden," ujar Aksar.

Penetapan perolehan jumlah kursi dan caleg terpilih itu mengacu kepada hasil rekapitulasi hasil penghitungan suara yang digelar secara berjenjang.

KPU NTB menggelar pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara, pada 23-25 April 2014, sementara KPU kabupaten/kota beberapa hari sebelumnya.

Penghitungan suara mengacu kepada hasil pemungutan suara pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD di wilayah NTB berlangsung pada 12.020 TPS, yang menyebar di 1.137 desa/kelurahan pada 10 kabupaten/kota, yang melibatkan pemilih lebih dari 3,4 juta penduduk sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Pada pleno rekapitulasi di tingkat KPU NTB itu, Partai Golkar meraih suara terbanyak untuk DPRD Provinsi NTB yakni lebih dari 200 ribu suara, disusul Partai Gerindra yang mengantongi lebih dari 155 ribu suara, dan Partai Demokrat lebih dari 142 ribu suara.

Partai lainnya yakni PDI Perjuangan yang meraih lebih dari 129 ribu suara, Partai Amanat Nasional (PAN) lebih dari 117 ribu, Partai Hanura lebih dari 105 ribu suara, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) lebih dari 101 ribu suara, Partai Nasionalis Demokrat (Nasedem) lebih dari 99 ribu suara dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga lebih dari 99 ribu suara.

Selanjutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang meraih lebih dari 93 ribu suara, kemudian Partai Bulan Bintang (PBB) lebih dari 80 ribu suara, dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) yang meraih lebih dari 54 ribu suara.

Jumlah suara sah untuk pemilu DPRD Provinsi NTB mencapai 1,38 juta lebih, dan jumlah kursi yang diperebutkan sebanyak 65 kursi, sehingga Bilang Pembagi Pemilih (BPP) mencapai lebih dari 21 ribu.

Dengan demikian, dari 12 parpol peserta pemilu itu, sedikitnya satu parpol meraih tiga kursi hingga 11 kursi.

Setelah penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih, selanjutnya akan digelar peresmian keanggotaan DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota dijadwalkan Juni sampai September 2014.

Pengucapan sumpah dan janji anggota terpilih DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota, dijadwalkan Juli sampai Oktober 2014. (*)