Musim kemarau di NTB diprakirakan mulai Maret-April 2023

id bmkg ntb,kemarau,kekeringan,prakiraan cuaca

Musim kemarau di NTB diprakirakan mulai Maret-April 2023

Ilustrasi: Warga berjalan membawa jerigen untuk mengambil air di sungai yang airnya mulai menyusut di Desa Kelawis, Kecamatan Orong Telu, Kabupaten Sumbawa, NTB, . ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.

diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan pada saat periode puncak musim kemarau
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan awal musim kemarau 2023 di Nusa Tenggara Barat (NTB) diprakirakan terjadi pada dasarian II bulan Maret dan April.

"Awal musim kemarau 2023 di diprakirakan terjadi bulan Maret dasarian II, meliputi Kota Bima, sebagian Kabupaten Bima bagian tengah, selatan, dan timur," kata Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I BMKG NTB Nuga Putrantijo di Mataram, Jumat.

Sedangkan bulan April dasarian I meliputi Lombok Timur bagian tengah, utara dan timur, dan sebagian kecil Lombok Tengah bagian selatan dan timur, serta sebagian kecil Lombok Barat bagian utara dan tengah, sebagian kecil Lombok Timur bagian barat dan selatan.

Kemudian di sebagian kecil Sumbawa bagian barat, timur dan utara, Sumbawa Barat, bagian barat, selatan. Selanjutnya sebagian kecil Dompu bagian tengah, selatan, dan timur.

"Sebagian kecil Bima atas bagian selatan, sebagian kecil Dompu bagian utara dan Bima bawah bagian utara dan timur, selatan dan tengah," katanya.

Pada bulan April dasarian II meliputi sebagian kecil Lombok Utara bagian tengah, sebagian kecil Lombok Barat bagian timur, sebagian Lombok Tengah bagian tengah dan selatan, sebagian Lombok Barat bagian selatan.

Sebagian Sumbawa bagian utara, selatan dan tengah, sebagian kecil Sumbawa Barat bagian timur dan utara, sebagian kecil Dompu bagian selatan, sebagian kecil Dompu bagian utara, dan sebagian Bima atas bagian tengah dan utara