DPKP temukan Cacing Hati pada Hewan Kurban

id Hewan Kurban

Penyakit cacing hati pada hewan ini merupakan jenis penyakit yang berbahaya sehingga hewan kurban tersebut langsung dimusnahkan dengan cara dibakar dan ditanam
Mataram,  (Antara)- Tim pemeriksa kesehatan hewan kurban Dinas Peternakan, Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kota Mataram menemukan penyakit cacing hati pada hewan kurban pada salah satu ekor sapi dan kambing.

"Penyakit cacing hati pada hewan ini merupakan jenis penyakit yang berbahaya sehingga hewan kurban tersebut langsung dimusnahkan dengan cara dibakar dan ditanam," kata Kepala Dinas Peternakan Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kota Mataram H Mutawalli di Mataram, Minggu.

Dikatakannya, penyakit cacing hati itu ditemukan di Kampus Muhamadiyah Jempong, Sabtu (4/10) usai kegiatan shalat ied Hari Raya Idul Adha 1435 hijriah.

"Beruntung tim berhasil menemukan penyakit hewan kurban sebelum dilakukan penyembelihan," ujarnya.

Sementara untuk hasil pemeriksaan kesehatan hewan kurban hari ini, Mutawalli mengatakan, berdasarkan laporan dari timnya hingga sekitar pukul 13.00 WITA terhadap 95 lokasi dengan 679 ekor kambing dan 269 ekor sapi, umumnya dinyatakan sehat dan aman untuk dipotong.

"Sampai saat ini kami belum mendapatkan laporan di atas pukul 13.00 WITA, karena tim masih berada di lapangan," ujarnya.

Menurut dia, untuk melakukan pemantauan kesehatan hewan kurban pada sekitar 30 titik pengepul hewan kurban di Kota Mataram, pihaknya menurunkan sekitar 70 orang petugas yang terbagai menjadi enam kelompok di enam kecamatan se-Kota Mataram.

Sebanyak 70 orang petugas itu terdiri atas, 30 orang dari DPKP Kota Mataram, 30 orang dari bantuan petugas Provinsi NTB dan 10 orang dari para medis bantuan dari Universitas NTB.

Para petugas sudah melaksanakan pemerikasaan sejak H-7 Hari Raya dan kini sedang melaksanakan tugas beratnya hingga H+3 hari pemotongan, yakni setelah shalat ied Idul Adha dan dua hari berikutnya karena petugas berkeliling ke 225 titik pemotongan hewan kurban.

Selain memeriksa hewan dan daging kurban, DPKP juga akan melakukan pendataan terhadap jumlah hewan kurban yang dipotong pada Idul Adha 1435 hijriah, untuk membandingkan jumlah hewan kurban yang dipotong tahun sebelumnya.

Pada tahun 2013 jumlah hewan kurban yang dipotong di Kota Mataram sebanyak 3.136 ekor terdiri atas 669 ekor sapi dan 2.467 ekor kambing. Sementara tahun ini diprediksi akan terjadi peningkatan sekitar lima hingga 10 persen.