Wabup Lombok Tengah ajak warga berzakat melalui Baznas

id Zakat,Baznas Lombok Tengah

Wabup Lombok Tengah ajak warga berzakat melalui Baznas

Wakil Bupati Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, HM Nursiah. ANTARA/Akhyar

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Wakil Bupati Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, mengajak masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengeluarkan zakar fitrah melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di daerah setempat.

"Kita imbau supaya warga termasuk ASN bisa mengeluarkan zakat melalui Baznas Lombok Tengah," katanya usai acara pengajian bersama para ASN di Masjid Agung Lombok, Jumat.

Penyaluran zakat melalui Baznas telah mulai dilakukan dari dulu oleh semua ASN baik pejabat eselon II, III, IV, sehingga penyaluran bantuan kepada ribuan anak yatim piatu setiap bulan 1 Muharam atau Hari Ramah Rahim Day sumbernya dari dana Baznas Lombok Tengah. "Itu zakat yang dikumpulkan dari para ASN dan diberikan kepada para anak yatim maupun warga kurang mampu," katanya.

Selain itu, program dari Baznas Lombok Tengah yang dilakukan dari zakat yang dikumpulkan itu adalah pengembangan para pelaku UMKM dengan memberi bantuan modal. "Banyak program yang dilaksanakan Baznas Lombok Tengah yang sumber dananya dari zakat yang dikumpulkan," katanya.

Dana yang dikumpulkan dari zakat para ASN tersebut bisa mencapai Rp1 miliar dalam setahun dan program tersebut telah berjalan cukup lama hingga saat ini. Namun, pihaknya juga tetap mengajak para ASN mampu masyarakat bisa mengeluarkan zakat melalui Baznas.

Baca juga: Baznas Lombok Barat bangun rumah warga miskin
Baca juga: Baznas Mataram akan pugar 20 rumah kumuh


"Untuk jumlah zakat yang telah dikumpulkan lebih jelas di Baznas, yang jelas penyaluran tetap dilakukan kepada warga yang berhak menerimanya, termasuk anak yatim piatu," katanya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) Republik Indonesia meminta agar seluruh pejabat negara membayar zakat dan berinfaq sedekah melalui Badan Amil Zakat Nasional, supaya pengelolaan zakat bisa tepat sasaran.*