Balai TNGR memberikan pelatihan bagi pemandu wisata Gunung Rinjani

id Gunung Rinjani,Rinjani,pemandu wisata gunung lingkar Rinjani,Sertifikasi,Lingkar Rinjani

Balai TNGR memberikan pelatihan bagi pemandu wisata Gunung Rinjani

Acara pelatihan pemandu wisata gunung lingkar Rinjani yang digelar Balai TNGR di salah satu Hotel di Kota Mataram (ANTARA/Humas TNGR)

Mataram (ANTARA) - Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Nusa Tenggara Barat, memberikan bimbingan teknis dan sertifikasi uji kompetensi bagi pemandu wisata gunung lingkar Rinjani untuk meningkatkan pelayanan kepada wisatawan.

"Kegiatan ini diikuti 50 orang pemandu gunung di Lombok," kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai TNGR, Dwi Pangestu dalam keterangan tertulisnya di Mataram, Minggu.

Kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 6-9 April 2023 di kota Mataram tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan  para pemandu gunung, sehingga wisatawan yang datang bisa mendapatkan pelayanan yang aman dan nyaman.

"Ini untuk meningkatkan kemampuan para pemandu gunung khususnya di lingkar glGunung Rinjani Lombok," katanya.

Ia mengatakan, berdasarkan data sementara masih banyak pemandu gunung di Indonesia yang belum memiliki sertifikasi termasuk pemandu di lingkar Gunung Rinjani, sehingga melalui kegiatan ini pemandu wisata Gunung Rinjani nantinya sudah sertifikasi.

"Masih banyak pemandu wisata gunung yang belum memiliki sertifikasi," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan uji kompetensi ini juga melibatkan tenaga instruktur dari Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) dan tenaga Asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pramindo dengan harapan kemampuan pemandu wisata yang ada di Rinjani.

"Ke depan lebih banyak lagi pemandu sertifikasi. Jadi tidak cuma membawa tamu tapi juga bisa memberikan cerita tersendiri tentang daya tarik Rinjani," katanya.