NTB Targetkan 1,7 Juta Wisatawan Pada 2015

id Disbudpar NTB

NTB Targetkan 1,7 Juta Wisatawan Pada 2015

Sejumlah wisatawan menepi menggunakan perahu di pinggiran pantai Gili Trawangan, Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, NTB. (FOTO ANTARA/Ahmad Subaidi) (1)

"Target tahun 2015 sudah ditetapkan dalam RPJMD sebanyak 1.705.400 juta wisatawan, baik dari mancanegara maupun nusantara,"
Mataram, 7/1 (Antara) - Nusa Tenggara Barat menargetkan kunjungan sebanyak 1,7 juta wisatawan mancanegara dan Nusantara pada tahun 2015 sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah setempat.

"Target tahun 2015 sudah ditetapkan dalam RPJMD sebanyak 1.705.400 juta wisatawan, baik dari mancanegara maupun nusantara," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB Muhammad Nasir di Mataram, Rabu.

Ia menjelaskan untuk wisatawan mancanegara Pemerintah Provinsi NTB menargetkan pengunjung sebanyak 697.363 orang, sedangkan untuk wisatawan Nusantara ditargetkan pengunjung mencapai 1.008.037 orang.

Terkait target angka kunjungan tersebut, menurut Nasir bukan suatu pekerjaan mudah. Oleh sebab itu, salah satu langkah yang dilakukan Pemprov NTB yakni melakukan pembenahan di berbagai sektor khususnya pariwisata.

Upaya lain, kata dia, pemasaran harus intens dan berkualitas, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu, pembenahan destinasi wisata juga harus tetap dijaga dan dibenahi.

"Soliditas dan peran berbagai asosiasi pariwisata yang ada harus tetap terjaga, baik para pelaku wisata, `stakeholders`, dan seluruh masyarakat NTB," ucapnya.

Perlu diketahui, Pemprov NTB melalui Disbudpar NTB hingga kini terus menggaungkan salah satu program akbar yang sebentar lagi akan dilaksanakan yakni acara "Tambora Menyapa Dunia", peringatan 200 tahun meletusnya Gunung Tambora.

Agenda akbar ini dilaksanakan selama satu tahun penuh, dimana puncak acara "Tambora menyapa Dunia" jatuh pada 11 April 2015, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kabupaten Dompu, NTB. (*)