Disbudpar NTB selenggarakan "Lombok Sumbawa Night 2014"

id Disbudpar NTB

Kami akan menampilkan kekuatan warisan seni budaya daerah yang sudah dikenal dan diakui di tingkat nasional
Mataram,  (Antara) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat akan menyelenggarakan "Lombok Sumbawa Night 2014" pada Jumat (19/12) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-56 NTB.

Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar NTB Muhariyadi Kurniawan di Mataram, Rabu mengungkapkan bahwa dalam kegiatan tersebut, pihaknya mengangkat tema "The Power of Lombok Sumbawa`s Heritage".

"Kami akan menampilkan kekuatan warisan seni budaya daerah yang sudah dikenal dan diakui di tingkat nasional," katanya.

Kegiatan yang bertujuan untuk menyemarakkan HUT ke-56 NTB itu, rencananya akan diselenggarakan pada Jumat (19/12) pukul 19.00 WITA di Gelanggang Pemuda Mataram.

Dalam kesempatan itu, Disbudpar NTB akan memberikan penghargaan kepada insan budaya dan pariwisata yang telah memiliki andil dalam mempromosikan NTB.

Selain itu, dikatakannya bahwa Disbudpar NTB akan memberikan kesempatan untuk pentas kepada tiga kelompok penari seni budaya binaan Taman Budaya Provinsi NTB yang telah mengharumkan nama daerah.

Bahkan, dalam kegiatan itu pula Disbudpar NTB akan memberikan sebuah penampilan dari musik anak-anak "Bulan Lante", tari "Bianglala Bumi Gora", dan juga tari "Dende Mas kumala Manting".

Muhariyadi mengungkapkan, tarian tersebut akan dikemas secara "medley" yang dikombinasikan dengan tarian daerah Samawa dan Mbojo. Hal itu sengaja dikolaborasikan sebagai bentuk satu kesatuan nilai seni budaya Lombok Sumbawa.

Kegiatan "Lombok Sumbawa Night 2014" nantinya akan diawali dengan penampilan "Gendang Beleq" dan tari "Peresean", kemudian dilanjutkan pementasan "Wayang Kulit Sasak".

Perlu diketahui, ketiga pementasan itu telah mendapatkan pengakuan dari Dinas Pendidikan dan Kebudyaan RI sebagai warisan budaya tak bernilai.

Lebih lanjut, Muhariyadi menuturkan bahwa kegiatan tersebut dilangsungkan secara terbuka agar dapat dikonsumsi oleh masyarakat umum tanpa dipungut biaya.

"Kegiatan ini disiapkan untuk umum karena akan kami gelar di areal terbuka," ucapnya.