Sebanyak 101 personel Polda NTB terlibat pengamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo

id Kabid Humas Polda NTB KombesArman Asmara Syarifuddin ,Polda NTB,KTT Asean di Labuan Bajo,KTT ASEAN

Sebanyak 101 personel Polda NTB terlibat pengamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo

Kepala Bidhumas Polda NTB Kombes Pol. Arman Asmara Syarifuddin. (ANTARA/Dhimas B.P.)

Mataram (ANTARA) - Sebanyak 101 personel dari wilayah hukum Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat terlibat dalam kegiatan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 yang berlangsung di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda NTB Kombes Arman Asmara Syarifuddin di Mataram, Selasa, mengatakan bahwa seluruh personel kini sudah berada di NTT dan menjalankan tugas pengamanan di bawah komando Polda NTT.

"Jadi, seluruh personel sekarang sudah di NTT menjalankan tugas pengamanan," kata Arman.

Para personel yang terlibat dalam pengamanan KTT ASEAN tersebut, jelas dia, terdiri dari satuan lalu lintas, jajaran Polres Bima dan yang bertugas di bidang humas. Sejumlah perlengkapan penunjang keamanan juga ikut dibawa para personel.

"Kalau di bidang humas itu ada tiga personel yang kami kirim," ujarnya.

Selain mengirim personel, Polda NTB sebagai kawasan penunjang pengamanan KTT ASEAN, turut melakukan pengamanan secara ketat di setiap kabupaten/kota.

"Seperti di Polres Bima Kota yang berbatasan langsung dengan Labuan Bajo. Di sana sudah ada personel yang ditempatkan di beberapa titik pengamanan, salah satunya di kawasan pelabuhan," ucap dia.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda NTB Kombes Pol. Djoni Widodo juga sebelumnya menyampaikan bahwa ada 81 personel lalu lintas yang ikut bergabung dalam pengamanan KTT ASEAN 2023.

Dari 81 personel lalu lintas, jelas dia, 71 di antaranya menjalankan tugas pengaturan lalu lintas. "Untuk 10 orang lainnya, bertugas melakukan pengawalan," kata Djoni.

Selain personel, Polda NTB dari satuan lalu lintas juga turut menerjunkan armada sebanyak 10 unit kendaraan roda dua.