Bintang Jasa Jepang bukti kepercayaan kepada Indonesia

id Bintang Jasa Jepang,Menteri ESDM,KBRI Tokyo,Arifin Tasrif,Kuntoro Mangkusubroto

Bintang Jasa Jepang bukti kepercayaan kepada Indonesia

Menteri ESDM Arifin Tasrif disambut KBRI Tokyo usai menerima penghargaan Bintang Jasa Jepang di Tokyo, Selasa (9/5) malam. (KBRI Tokyo)

Tokyo (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi menilai penganugerahan Bintang Jasa Jepang kepada dua tokoh Indonesia merupakan bukti kepercayaan Jepang kepada Indonesia. “Penghargaan ini sekaligus merupakan bukti kepercayaan tinggi Jepang kepada Indonesia dalam kerja sama erat kedua negara. Keluarga besar KBRI Tokyo bangga atas penghargaan ini," kata Heri di Tokyo, Rabu.

Dua tokoh tersebut, yakni Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dan Mantan Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto yang menerima Penghargaan Bintang Tanda Jasa the Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star dari Pemerintah Jepang di Istana Kaisar, pada Selasa (9/5).

“Saya turut bangga dengan penghargaan Bintang Tanda Jasa the Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star kepada dua tokoh bangsa Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Kuntoro Mangkusubroto. Untuk diketahui, Jepang banyak memberikan penghargaan bagi WNI yang berkontribusi dalam hubungan Indonesia - Jepang,” katanya.

Menurut Heri, Arifin Tasrif yang pernah menjadi menjadi Dubes RI di Jepang sebelum dipercaya sebagai Menteri ESDM, melakukan banyak kerja sama, khususnya di bidang energi. Sementara itu, Kuntoro Mangkusubroto berkontribusi untuk kerja sama bidang kebencanaan.

Arifin Tasrif yang menjabat Duta Besar RI untuk Jepang pada Juni 2017 hingga Desember 2019 itu menerima penghargaan tersebut karena dinilai telah berkontribusi aktif dalam peningkatan persahabatan Indonesia-Jepang.

Saat menjabat sebagai Menteri ESDM, Arifin Tasrif meningkatkan hubungan kedua negara di antaranya dalam penandatanganan Memorandum of Cooperation tentang kerja sama energi antara Jepang dan Indonesia.

Sementara itu, penghargaan kepada Mantan Kepala UKP4 Kuntoro Mangkusubroto diberikan karena dianggap berjasa dalam peningkatan hubungan Indonesia – Jepang melalui rekonstruksi pasca bencana, khususnya saat ia menjabat sebagai Kepala Badan Rekonstruksi dan Rehabilitasi (BRR) Aceh-Nias 2005-2009.

Sebagai Kepala UKP4, ia saat itu juga berkontribusi besar dalam rekonstruksi dan rehabilitasi wilayah bencana di Jepang saat Gempa Bumi dan Tsunami Tohoku bagian timur Jepang pada 2011.

Sebelumnya, pada November 2022, Kekaisaran Jepang memberikan bintang jasa tertinggi kepada Mantan Ketua DPR Akbar Tanjung, The Grand Cordon of the Order of the Rising Sun.

Bersamaan dengan itu, Wakil Ketua MPR Sjarifuddin Hasan dan mantan Menteri ESDM dan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan juga dianugerahi The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star oleh Pemerintah Jepang.

Selain kepada ketiganya, Pemerintah Jepang juga memberikan penghargaan bintang jasa The Order of the Rising Sun Silver Rays kepada Wakil Ketua Badan Pengurus Perkumpulan Jepang Jawa Timur Dr Joshie Karyadi Halim.

Baca juga: Nelayan penemu 1,1 kilogram kokain di Pantai Rembang Lotim akan diberi penghargaan
Baca juga: Surabaya raih penghargaan kota terbaik kedua

Penghargaan The Order of the Rising Sun diberikan kepada individu yang telah mencapai prestasi luar biasa dalam kerja sama internasional, promosi budaya Jepang dan pegiat lingkungan. Penghargaan ini diberikan pertama kali oleh Kaisar Meiji pada 1875.